Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 1

Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 1

Bismillahirahmanirrahim.. Semangat home learning, semangat belajar di rumah.
Baiklah, kita mulai pembelajaran hari ini ya!
Masih di Tema 7 tentang benda, hewan dan tanaman di sekitarku. Sub tema 1, benda hidup dan tak hidup di sekitarku. Pembelajaran ke-6. Silakan simak video berikut ini.


Pada pembelajaran sebelumnya, kita telah dapat mengidentifikasi macam-macam benda hidup dan benda tak hidup di sekitar kita. Di antara banyak benda mati yang terdapat di dapan kelas, salah satunya adalah gambar lambang negara yang tergantung di dinding kelas.

Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 1


Ya, gambar lambang negara Pancasila tersebut adalah termasuk benda tak hidup. Kalian semua juga sudah mengetahui simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila. Masih ingatkan, tepuk sila ke-empat?

Setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah menjiplak gambar di buku tema hal 40 pada kertas selembar, kemudian menyambungkan garis putus-putusnya agar membentuk simbol sila ke-4. Lalu warnailah gambar tersebut sesuai dengan simbol sila ke-4. Berikutnya jangan lupa, tuliskan bunyi sila ke-4 di buku tulis latihan tema.
Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 1

Kemudian, apakah kamu masih ingat ciri-ciri benda hidup?

Ciri yang pertama adalah membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Makanan diperlukan sebagai sumber energi untuk melakukan proses kehidupan.

Ciri yang kedua adalah bergerak yaitu berpindah tempat dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Misalnya dengan berjalan/berlari, terbang, berenang, melompat dan merayap.

Ciri yang ketiga adalah berkembang biak. Tujuannya untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah. Cara untuk berkembang biak hewan misalnya  dengan melahirkan, atau bertelur.

Ciri yang keempat adalah tumbuh. Tanda-tanda pertumbuhan yaitu bertambah panjang, tinggi dan besar. Misalnya pertumbuhan pada manusia, hewan dan tumbuhan. Mereka disebut mengalami pertumbuhan apabila tubuhnya bertambah panjang, tinggi atau besar.

Coba perhatikan gambar di bawah, lalu isilah titik-titik di bawah ini menggunakan kata yang tersedia.
Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 1


Aneka jenis permainan termasuk benda tak hidup. Boneka, mobil-mobilan, dan kartu adalah benda tak hidup. Dadu pun termasuk benda tak hidup. Yuk kita membuat kreasi. Kita akan mencoba membuat dadu. Kegiatan membuat dadu ini untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan. Buatlah 2 dadu, 1 dadu bilangan puluhan, dan 1 dadu bilangan satuan.

Pertama-tama guntinglah pola dadu berikut. Kemudian rekatkan dengan lem sehingga membentuk dadu.

Untuk memperjelas, silakan menggunakan buku siswa tema 7 tentang benda, hewan dan tanaman di sekitarku. Selain materi di buku, kita juga dapat menggunakan materi di blog ini dan juga video pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar dan media pembelajaran.

Sebagai pengayaan dalam pembelajaran ini, kerjakan kuis atau soal di sini ya. 

Selamat belajar!


Posting Komentar untuk "Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 1"