Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2

Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, apa kabar anak-anak? Semoga senantiasa sehat dan bahagia ya. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita semua.

Sudah siap menerima pembelajaran hari ini? Jika sudah mandi dan sarapan, maka kegiatan hari ini akan lebih menyenangkan, bukan? Karena badan jadi bersih, segar, dan perut pun kenyang. Jadi, jangan tunggu lagi, silakan mandi dan sarapan dulu bagi yang belum. Jangan lupa absen terlebih dahulu, ya. Berikutnya marilah kita berdoa, agar pembelajaran kita senantiasa diberkahi oleh Allah SWT. Amiin..

Nah, jika sudah berkumpul semua, kita akan mulai pembelajaran kali ini. Masih di Tema 7 tentang benda, hewan dan tanaman di sekitarku. Sub tema 2 tentang hewan di sekitarku, pembelajaran kesatu, kedua dan ketiga.

Pembelajaran Kelas 1 Hewan Adalah Makhluk Hidup

Anak-anak sudah tau ya, bahwa hewan merupakan benda hidup. Benda hidup disebut juga makhluk hidup. Aneka jenis hewan adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Coba perhatikan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita, ada banyak jenis hewan yang hidup di sana, bukan?

Ada hewan peliharaan dan ada juga hewan liar. Hewan peliharaan artinya hewan yang diurus dan dipelihara oleh seseorang, diberi makan dan juga tempat tinggal. Contohnya seperti kucing, anjing, burung, dan juga ikan. Sedangkan hewan liar adalah hewan-hewan yang hidup di jalanan, mereka tidak ada yang mengurusnya. Mereka mencari makan dan tinggal berpindah-pindah.

Untuk tempat tinggalnya, hewan-hewan hidup di tempat yang berbeda-beda. Ada yang hidupnya di darat seperti kucing, ayam, harimau, unta dan monyet. Ada juga yang hidupnya di air, seperti ikan, ubur-ubur, cumi-cumi, udang, paus, dan lumba-lumba. Bahkan ada yang hidup di dua tempat loh, di darat sekaligus di air, seperti buaya, kura-kura dan juga kepiting.

Lalu, kalau kita lihat dan perhatikan, ukuran badan hewan juga masing-masing berbeda. Ada yang besar seperti badak, sapi, kuda nil, dan orang utan. Ada juga yang kecil seperti semut, lalat, nyamuk dan serangga lainnya. Cara bergerak dari masing-masing hewan tersebut juga berbeda. Masih ingatkan dengan cara bergerak hewan? Coba kalian sebutkan! Bisa dilihat lagi videonya di sini.

Benar sekali! Cara bergerak hewan ada yang berjalan atau berlari, melata atau merayap, berenang dan juga terbang.

Oh iya, sebagai makhluk hidup ciptaan Tuhan, hewan-hewan berhak untuk hidup dan mendapatkan perlakuan yang baik. Oleh karena itulah, sebagian manusia sangat sayang pada beberapa jenis hewan. Mereka kemudian memutuskan untuk memelihara hewan-hewan tersebut. Nah, hewan-hewan peliharaan ini harus dirawat dan disayangi. Bagaimana sih, cara merawat hewan peliharaan?
Silakan disimak cerita Beni berikut ini!

Pembelajaran Kelas 1 Hewan Peliharaan Beni

Kucing merupakan hewan yang ada di sekitar kita. Ada kucing yang berkeliaran di luar rumah. Ada kucing yang dipelihara di dalam rumah. Beni memiliki kucing peliharaan. Beni sangat menyayangi kucing tersebut. Beni selalu merawat kucingnya. Setiap hari Beni memberi makan dan minum. Beni juga membersihkan badan dan kukunya. Kucing Beni bersih dan sehat. Beni senang bermain bersamanya. Hewan peliharaan harus dirawat dengan baik. Perhatikan gambar kandang kucing peliharaan Beni berikut ini!
Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2

Beni memberikan tulisan pemberitahuan di sebelah kandang kucingnya. Perhatikan tulisan tersebut. Beni ingin memberitahukan kepada yang lain agar tidak memberi makan kucing sembarangan. Beni memberi makan kucingnya dengan teratur. Makanan yang diberikan untuk kucing tidak sembarangan. Hanya Beni yang boleh memberi makanan pada kucingnya. Semua anggota keluarga mengikuti saran Beni. Sekarang perhatikan gambar berikut.
Tuliskan ungkapan pemberitahuan untuk dua gambar di atas di buku tulis kalian ya!

Oh iya, apakah kalian punya hewan peliharaan? Wah, keren! Kalian yang punya hewan peliharaan, apapun itu, kalian hebat loh! Kegiatan memelihara hewan peliharaan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kita harus mengetahui cara merawat hewan peliharaan. Hewan peliharaan harus dirawat agar dapat tumbuh dan sehat. Coba kalian tuliskan di buku latihan, 4 aturan merawat hewan peliharaan ya! Seperti tabel berikut ini.

Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2

Pembelajaran Kelas 1 Tempat Tinggal Hewan


Udin, Edo, dan Beni sedang membaca buku  tentang hewan. Mereka mengamati gambar tempat tinggal hewan. Hewan tinggal di tempat yang berbeda. Ada hewan yang tinggal di darat. Contohnya ayam, kelinci, dan kucing. Ada hewan yang tinggal di air. Contohnya ikan.

Ada pula hewan yang dapat tinggal di air dan di darat. Contohnya katak. Namun Udin merasa bingung menentukan tempat tinggal kera. Menurut Beni,  kera tinggal di darat. Namun menurut Edo, kera tinggal di pohon. Bagaimana pendapatmu? Silakan diskusikan dengan orangtua kalian ya!

Pembelajaran Kelas 1 Cara Begerak Hewan

Hewan bergerak dengan cara yang berbeda. Ada hewan yang bergerak dengan cara terbang. Terbang menggunakan sayap. Ada hewan yang bergerak dengan cara melompat. Dapatkah kamu menirukan gerak hewan tersebut? Coba tirukan ya! Gerakkan tanganmu seperti burung mengepakkan sayapnya, lalu berjongkoklah kemudian melompat seperti katak! Bisa? Good..

Silakan simak cerita berikut ini!


Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2

Hari minggu Siti dan keluarga pergi ke kebun binatang. Siti melihat banyak hewan di sana. Ada gajah, rusa, jerapah, dan harimau. Siti ingin memberi makanan pada hewan tersebut. Tetapi petugas kebun binatang tidak mengizinkannya. Hewan memiliki jadwal makan tertentu. Makanan hewan pun tidak sembarangan. Siti ingin sekali menyentuh tubuh monyet.
Namun, petugas pun melarangnya. Petugas melarang pengunjung mendekati hewan karena berbahaya. Siti patuh pada peraturan yang ada di kebun binatang.

Pembelajaran Kelas 1 Bermain Peran

Sebelum kita lanjutkan, kita akan bermain peran terlebih dahulu. Ajak ayah atau ibumu ya!
Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2
Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2
Rekam percakapan dengan menggunakan perekam suara atau voice note ya, lalu kirim ke bu Rusmi. Ditunggu ya.

Oh iya, kalian apa sudah pernah berkunjung ke kebun binatang? Kalian tau tidak, biasanya petugas kebun binatang membuat banyak papan pemberitahuan. Papan pemberitahuan ditulis dengan baik dan jelas. Papan pemberitahuan dipasang di tempat yang diperlukan. Papan pemberitahuan membantu pengunjung untuk memahami peraturan dan lokasi. 

Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2

Suatu hari, Beni berkunjung ke kebun binatang. Ia berjalan menuju kandang harimau. Beni berjalan sesuai arah yang ditunjukkan pada papan petunjuk. Setelah sampai, Beni melihat kandang harimau berseberangan dengan kandang  beruang. Kemudian Beni menghitung jumlah hewan di kandang. Beni juga membandingkan banyaknya hewan tersebut.

Pembelajaran Kelas 1 Membandingkan dan Mengurutkan Banyak Hewan

Beni melihat ada 9 ekor harimau, 13 ekor beruang, dan 40 ekor burung. Hewan yang paling banyak adalah burung. Hewan yang paling sedikit adalah harimau. Beruang lebih banyak daripada harimau, tetapi harimau lebih sedikit dari burung. Urutan hewan dari yang paling banyak adalah burung, beruang, dan harimau. Urutan hewan dari yang paling sedikit adalah harimau, beruang, dan burung.

Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2

Sekarang, kita latihan yuk! Amati dan kerjakan soal berikut ini ya!

Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2

Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2
Soal berikutnya silakan buka buku tema halaman 70 sampai 72, lalu kerjakan di buku latihan kalian masing-masing ya. Foto hasil pekerjaan kalian, lalu kirim japri via whatsapp ke bu Rusmi.

Selain materi di buku, kita juga dapat menggunakan materi di blog ini sebagai salah satu sumber belajar.

Selamat belajar anak-anak hebat!

2 komentar untuk "Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 2 "

  1. belajarnya makin asik... ada banyak gambar-gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. terimakasih kak..

      Hapus