Pembelajaran Kelas I Tema 7 Tentang Bentuk Benda



Pembelajaran Kelas I Tema 7 Tentang Bentuk Benda

Alhamdulillah, masih di kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Home Learning. Semoga semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Sebelum memulai kegiatan, yuk kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu, agar dimudahkan dan lancar belajarnya, amin.

Jangan lupa minta tolong ke ayah, ibu atau kakakmu ya. Bapak dan Ibu, mohon bantuan bimbingannya untuk kegiatan-kegiatan pembelajaran hari ini.

Anak-anak tau, di dunia ini, manusia tidak hidup sendirian, loh. Manusia hidup bersama benda-benda dan makhluk hidup lainnya di alam sekitar. Selain ada hewan dan tumbuhan, di alam juga ada berbagai macam benda. Bentuk dan warna benda tersebut berbeda-beda. Ukuran dan permukaannya pun berbeda. Setiap benda, masing-masing mempunyai ciri tertentu. Nah, kalian bisa gunakan benda sesuai fungsinya. Jangan lupa, jaga dan peliharalah benda dengan baik. Apa saja sih, benda di sekitar yang kamu ketahui?

Kita simak bacaan berikut ini, yuk!

Pembelajaran Kelas I Tema 7 Tentang Bentuk Benda

Udin dan Siti sedang bermain bersama. Udin bermain mobil-mobilan. Mobil-mobilan Udin berwarna merah. Siti senang bermain boneka. Boneka Siti berukuran besar dan halus. Mereka senang bermain bersama. Ada banyak benda di sekitar kita. Benda berbeda bentuk, warna, dan ukurannya. Tantangan buat kalian adalah menuliskan duapuluh macam benda yang ada di rumah ya, tuliskan di buku latihan!


Hai, lihat teman-teman! Kamar Lani bersih dan rapi. Di kamar Lani ada tempat tidur dan meja belajar. Alat-alat tulis dan mainan tersusun rapi. Semua benda disimpan pada tempatnya. Benda-benda itu disusun berdasarkan kegunaannya. Lani senang berada di kamar yang rapi dan bersih.
Benda yang disusun rapi tampak indah dipandang. Apa nama benda yang kamu sukai? Dapatkah kamu membuatnya?

Mari, kita mencoba membuat benda kesukaan menggunakan barang-barang bekas di rumahmu. Kita sepakati saja, kali ini kita akan membuat tempat pensil untuk diletakkan di meja belajar kalian masing-masing. Bisa menggunakan kaleng bekas, botol bekas ataupun dus bekas yang dibentuk sedemikian rupa agar ciamik. Buat sekreatif mungin ya. tambahkan hiasan-hiasan apa saja yang kalian temui di rumah. Boleh dari kain perca, kertas origami, renda , manik-manik ataupun yang lainnya. Jika sudah jadi, kalian foto bersama hasil karya kalian ya, kemudian jangan lupa dikirim ke bu Rusmi.

Oh iya, benda-benda di sekitar memiliki berbagai ukuran. Ada benda yang berukuran besar. Ada benda yang berukuran kecil. Bola memiliki ukuran yang berbeda-beda. Bola tenis dan bola pingpong berukuran kecil. Bola basket dan bola sepak berukuran lebih besar.


Bandingkan kedua gambar berikut. Buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar seperti contoh di atas!

Pilihlah dua benda yang ada di rumah atau kelasmu. Kemudian, gambarlah benda tersebut. Berilah penjelasan tentang benda seperti contoh berikut ini!



Hey, apakah kalian sudah sarapan hari ini? Wah senang ya bisa sarapan bersama keluarga. Apa yang kalian lakukan setelah selesai makan? Ayo amati rak piring di dapur! Apakah sudah rapi meletakkan piringnya? Meletakkan piring di rak harus rapi, dan juga hati-hati ya! Jangan takut salah ya, jika salah ucapkan MAAF dan coba lagi sampai betul! 

Nah sekarang kita bantu ibu mencuci piring, yuk. Coba hitung ada berapa piring bersih yang ada di raknya dan hitung piring yang kotornya juga ya, lalu tulis angkanya di buku tulismu!

Silakan dihitung berapa selisih piring ibu yang bersih dan yang kotor? Tulis seperti di bawah ini.
Semua piring yang ada = …. 
Piring yang kotor  = …. 
Coba hitung berapa jumlah piring yang bersih? 
Jangan lupa catat dulu angkanya ya! 

Teman tau, Siti adalah anak yang rajin. Siti merapikan kamar setiap hari. Hari ini Siti ingin merapikan buku. Ada banyak buku yang sudah tidak dipakai. Siti ingin menyumbangkan kepada orang lain. Siti memisahkan buku yang akan disumbangkan.


Siti memiliki 43 buah buku. Siti ingin menyumbangkan 21 buah buku. Ada berapa buku Siti yang tersisa? Pernyataan tersebut dapat ditulis 43 – 21 = ... 
Selain itu, dapat juga ditulis seperti berikut:


Jadi buku Siti yang tersisa ada 22 buah buku.

Kalau sudah dipahami, kerjakan tantangan berikut ya.






Demikian pembelajaran kelas I tema 7 tentang bentuk benda. Selamat belajar anak-anak hebat. Jangan lupa untuk #dirumahaja #stayathome #socialdistancing #phisicaldistancing.

Posting Komentar untuk "Pembelajaran Kelas I Tema 7 Tentang Bentuk Benda"