Apa dan Bagaimana Duta Rumah Belajar?



Pada tulisan sebelumnya, saya sedikit mengulas tentang PembaTIK. Sebuah rangkaian kegiatan  bagi guru berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Sekarang, sahabat pastinya sudah tau ya, apa itu pembaTIK?

Setelah melewati tahapan PembaTIK mulai dari level 1 literasi hingga level 4 berbagi, peserta yang lolos akan didaulat menjadi Sahabat Rumah Belajar (SRB). Oh iya, Setiap level bersifat penyisihan, di mana akan ada ujian pada setiap akhir bimtek. Peserta yang lulus dari ujian level 4 ini akan dikukuhkan menjadi Duta Rumah Belajar Nasional. Sebagai informasi, dari awal level 1, peserta yang mendaftar berjumlah sekitar kurang lebih 60 ribuan guru yang berasal dari seluruh Indonesia. Hingga di level 4 ini menyisakan sekitar 30 peserta saja di setiap provinsinya.


Apa itu Duta Rumah Belajar?

Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pustekkom Kemendikbud dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di masing-masing provinsinya terutama Portal Pembelajaran GRATIS dari pemerintah yaitu Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id)


Apa Manfaat Menjadi Duta Rumah Belajar?

Bagi seorang guru, menjadi Duta Rumah Belajar merupakan tantangan tersendiri. Setelah melewati berbagai tahapan dimana peserta selalu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang berbasis TIK di setiap levelnya, dan juga harus melewati ujian di setiap akhir level yang diikuti tersebut, sampailah peserta di level 4 atau level berbagi. Yang kemudian akan dipilih untuk setiap provinsinya seseorang yang berkompeten dan telah teruji sebagai Duta Rumah Belajar untuk mewakili daerahnya masing-masing.


Manfaat pertama, seorang Duta Rumah Belajar merupakan wajah perwakilan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan, terutama Rumah Belajar. Manfaat kedua, ia berkesempatan mengikuti bimbingan teknis pengembangan bahan ajar berbasis TIK baik di pusat maupun daerah. Manfaat ketiga Duta Rumah Belajar berkesempatan dilibatkan pada acara dan kegiatan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan baik di pusat maupun daerah. Selain itu, ia juga berkesempatan bertemu dan bertukar wawasan dengan guru-guru berprestasi dari seluruh provinsi di Indonesia.


Demikian informasi terkait apa dan bagaimana Duta Rumah Belajar. Apakah sahabat tertarik untuk menjadi Duta Rumah Belajar? Silakan ikuti terus informasinya di laman https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/


Salam semangat, semoga sukses untuk semua peserta pembatik level 4 DKI Jakarta, dan lulus untuk menjadi Duta Rumah Belajar DKI Jakarta.

Posting Komentar untuk "Apa dan Bagaimana Duta Rumah Belajar?"