PembaTIK Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi Kemdikbud


Apa pengertian PembaTIK?

Bagi sebagian orang, barangkali masih asing dan akan bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud Pemba-TIK? Seorang teman, awal mendengar kata PembaTIK berkata, ini pelatihan membuat kain batik ya, Bu? Memang, jika dilihat dari kata pembaTIK, secara bahasa artinya orang yang melakukan pekerjaan membuat batik. Akhirnya saya mencoba menjelaskan bahwa PembaTIK yang dimaksud disini adalah kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) yang merupakan program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk peningkatan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Siapa saja yang bisa ikut kegiatan PembaTIK?

Untuk mengikuti PembaTIK, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Syarat dan ketentuan tersebut adalah peserta merupakan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari semua jenjang yang dibuktikan dengan SK PNS yang bersangkutan, guru tetap yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan atau guru honorer di Instansi Pendidikan Pemerintah/Swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan serta sudah mengajar minimal satu bidang studi di sekolahnya (guru mata pelajaran/guru kelas).

Lalu, apa manfaat mengikuti PembaTIK?

Dengan mengikuti kegiatan PembaTIK ini, banyak manfaat yang dirasakan peserta. Di antaranya adalah meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini, mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional, dan berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar.

Bagaimana tahap pelaksanaan program PembaTIK?

Pelaksanaan program PembaTIK dibagi menjadi beberapa tahapan yang diawali dengan mengikuti bimtek daring level 1, yaitu level literasi hingga level 4 yaitu berbagi. Berikut tahapan-tahapannya.

Tahap 1 mengikuti Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK)

Bimtek daring Level 1 dilaksanakan pada bulan April – Juli 2020. Cara mengikutinya adalah dengan melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik dengan mengunjungi laman simpatik.belajar.kemdikbud.go.id kemudian daftar pada salah satu gelombang yang tersedia. Setelah terdaftar menjadi peserta, ikuti kelas bimtek daring tersebut dengan cara mengunduh modul dan mempelajari materi pembelajaran secara mandiri dan mengikuti ujian sertifikasi daring Level 1. Peserta yang lulus akan mendapat sertifikat Level 1.

Tahap 2 mengikuti Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK)

Bimtek daring Level 2 dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2020. Semua peserta yang lulus Level 1 dapat melanjutkan ke Level 2. Bagaimana caranya? Yaitu dengan melakukan pendaftaran pada salah satu gelombang level 2 yang tersedia pada laman Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id) kemudian mengikuti kelas bimtek daring tersebut. Sama seperti level sebelumnya, di kelas bimtek daring ini peserta mengunduh modul dan mempelajari materi secara mandiri. Dan untuk semua kegiatan pembelajarannya diselesaikan ya, termasuk beberapa kuis yang tersedia di dalam kelas daring. Untuk bimtek daring Level 2 ini, ada tugas akhir berupa mengunggah video dokumentasi dan testimoni pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. Di akhir kelas ada ujian sertifikasi daring Level 2 yang wajib diikuti. Peserta yang lulus akan mendapat sertifikat Level 2.

Tahap 3 mengikuti Bimtek Daring Level 3 (Kreasi TIK)

Bimtek daring Level 3 dilaksanakan pada bulan Mei – Agustus 2020. Semua peserta yang lulus Level 2 dapat melanjutkan ke Level 3. Caranya dengan melakukan pendaftaran pada salah satu gelombang level 3 yang tersedia pada laman Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id) kemudian mengikuti kelas bimtek daring tersebut. Sama seperti level sebelumnya, di kelas bimtek daring ini peserta mengunduh modul dan mempelajari materi secara mandiri. Dan untuk semua kegiatan pembelajarannya harus diselesaikan, termasuk beberapa kuis dan tugas refleksi yang tersedia di dalam kelas daring. Untuk Level 3 ini juga ada penilaian diskusi. Diskusi bisa diakses di kelas daring atau bisa juga ketika melakukan pendalaman modul melalui video conference bersama para instruktur atau Duta Rumah Belajar. Untuk bimtek daring Level 3 ini, tugas akhirnya adalah mengunggah karya konten pembelajaran, bisa dalam bentuk video pembelajaran ataupun media pembelajaran interaktif. Di akhir kelas ada ujian sertifikasi daring Level 3 yang wajib diikuti. Peserta yang lulus akan mendapat sertifikat Level 3.

Tahap 4 mengikuti Bimtek Tatap Muka Level 4 (Berbagi TIK)

Bimtek daring Level 4 diadakan pada bulan September-Oktober 2020. Peserta terpilih dari tiap provinsi akan mengikuti level 4 yang dilaksanakan tatap muka dengan 30 peserta di setiap provinsinya. Karena saat ini sedang mengalami pandemi COVID-19, makan bimtek Level 4 diadakan secara daring. Pada level ini, peserta melakukan inovasi pembelajaran dan berbagi pengetahuan. Peserta yang lulus Level 4 akan mendapatkan sertifikat Level 4 dan peserta terbaik di Level 4 akan dikukuhkan sebagai Duta Rumah Belajar 2020.

Demikianlah sekilas tentang PembaTIK Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi Kemdikbud. Setelah mengetahui apa itu PembaTIK dan manfaatnya, jangan ragu untuk ikut kegiatan ini ya teman. Akan ada banyak manfaat yang dapat kita terima dan kita aplikasikan dalam menunjang profesi kita sebagai guru dan pendidik generasi masa depan. 

(sumber: simpatik.kemdikbud.go.id)

 

Posting Komentar untuk "PembaTIK Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi Kemdikbud"