Alhamdulillah, masih di
kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Home Learning. Semoga semua dalam
keadaan sehat dan bahagia. Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Sebelum
memulai kegiatan, yuk kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu, agar dimudahkan
dan lancar belajarnya, amin.
Jangan lupa minta tolong
ke ayah, ibu atau kakakmu ya. Bapak dan Ibu, mohon bantuan bimbingannya untuk
kegiatan-kegiatan pembelajaran hari ini.
Anak-anak tau, di dunia
ini, manusia tidak hidup sendirian, loh. Manusia hidup bersama benda-benda dan makhluk hidup lainnya di alam sekitar. Selain ada
hewan dan tumbuhan, di alam juga ada berbagai macam benda. Bentuk dan warna
benda tersebut berbeda-beda. Ukuran dan permukaannya pun berbeda. Setiap benda,
masing-masing mempunyai ciri tertentu. Nah, kalian bisa gunakan benda sesuai
fungsinya. Jangan lupa, jaga dan peliharalah benda dengan baik. Apa saja sih, benda
di sekitar yang kamu ketahui?
Kita simak bacaan berikut
ini, yuk!
Udin dan Siti sedang
bermain bersama. Udin bermain mobil-mobilan. Mobil-mobilan Udin berwarna merah.
Siti senang bermain boneka. Boneka Siti berukuran besar dan halus. Mereka
senang bermain bersama. Ada banyak benda di sekitar kita. Benda berbeda bentuk, warna, dan ukurannya. Tantangan buat kalian adalah menuliskan duapuluh macam benda yang ada di rumah ya, tuliskan di buku latihan!
Hai, lihat teman-teman! Kamar
Lani bersih dan rapi. Di kamar Lani ada tempat tidur dan meja belajar.
Alat-alat tulis dan mainan tersusun rapi. Semua benda disimpan pada tempatnya.
Benda-benda itu disusun berdasarkan kegunaannya. Lani senang berada di kamar
yang rapi dan bersih.
Benda yang disusun rapi
tampak indah dipandang. Apa nama benda yang kamu sukai? Dapatkah kamu
membuatnya?
Mari, kita mencoba
membuat benda kesukaan menggunakan barang-barang bekas di rumahmu. Kita sepakati saja, kali ini kita akan membuat tempat pensil untuk diletakkan di meja belajar kalian masing-masing. Bisa menggunakan kaleng bekas, botol bekas ataupun dus bekas yang dibentuk sedemikian rupa agar ciamik. Buat sekreatif mungin ya. tambahkan hiasan-hiasan apa saja yang kalian temui di rumah. Boleh dari kain perca, kertas origami, renda , manik-manik ataupun yang lainnya. Jika sudah jadi, kalian foto bersama hasil karya kalian ya, kemudian jangan lupa dikirim ke bu Rusmi.
Oh iya, benda-benda di sekitar
memiliki berbagai ukuran. Ada benda yang berukuran besar. Ada benda yang
berukuran kecil. Bola memiliki ukuran yang berbeda-beda. Bola tenis dan bola
pingpong berukuran kecil. Bola basket dan bola sepak berukuran lebih besar.
Bandingkan kedua gambar
berikut. Buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar seperti contoh di atas!
Pilihlah dua benda yang
ada di rumah atau kelasmu. Kemudian, gambarlah benda tersebut. Berilah penjelasan
tentang benda seperti contoh berikut ini!
Hey, apakah kalian sudah sarapan hari ini? Wah senang ya bisa sarapan bersama keluarga. Apa yang kalian lakukan setelah selesai makan? Ayo amati rak piring di dapur! Apakah sudah rapi meletakkan piringnya? Meletakkan piring di rak harus rapi, dan juga hati-hati ya! Jangan takut salah ya, jika salah ucapkan MAAF dan coba lagi sampai betul!
Nah sekarang kita bantu ibu mencuci piring, yuk. Coba hitung ada berapa piring bersih yang ada di raknya dan hitung piring yang kotornya juga ya, lalu tulis angkanya di buku tulismu!
Silakan dihitung berapa selisih piring ibu yang bersih dan yang kotor? Tulis seperti di bawah ini.
Semua piring yang ada = ….
Piring yang kotor = ….
Coba hitung berapa jumlah piring yang bersih?
Jangan lupa catat dulu angkanya ya!
Teman tau, Siti adalah anak yang rajin. Siti merapikan kamar setiap hari. Hari ini Siti ingin merapikan buku. Ada banyak buku yang sudah tidak dipakai. Siti ingin menyumbangkan kepada orang lain. Siti memisahkan buku yang akan disumbangkan.
Siti memiliki 43 buah buku. Siti ingin menyumbangkan 21 buah buku. Ada berapa buku Siti yang tersisa? Pernyataan tersebut dapat ditulis 43 – 21 = ...
Selain itu, dapat juga ditulis seperti berikut:
Jadi buku Siti yang tersisa ada 22 buah buku.
Kalau sudah dipahami, kerjakan tantangan berikut ya.
Semua piring yang ada = ….
Piring yang kotor = ….
Coba hitung berapa jumlah piring yang bersih?
Jangan lupa catat dulu angkanya ya!
Teman tau, Siti adalah anak yang rajin. Siti merapikan kamar setiap hari. Hari ini Siti ingin merapikan buku. Ada banyak buku yang sudah tidak dipakai. Siti ingin menyumbangkan kepada orang lain. Siti memisahkan buku yang akan disumbangkan.
Siti memiliki 43 buah buku. Siti ingin menyumbangkan 21 buah buku. Ada berapa buku Siti yang tersisa? Pernyataan tersebut dapat ditulis 43 – 21 = ...
Selain itu, dapat juga ditulis seperti berikut:
Jadi buku Siti yang tersisa ada 22 buah buku.
Demikian pembelajaran kelas I tema 7 tentang bentuk benda. Selamat belajar anak-anak hebat. Jangan lupa untuk #dirumahaja #stayathome #socialdistancing #phisicaldistancing.
Posting Komentar untuk "Pembelajaran Kelas I Tema 7 Tentang Bentuk Benda"