Pembelajaran Kelas 1 Cara Menghemat Air Bersih


Waktu istirahat telah selesai. Edo dan teman-teman kembali ke kelas. Cuaca di luar semakin panas. Pada musim kemarau hujan tidak turun. Persediaan air bersih semakin berkurang. Edo dan teman-teman sedang berdiskusi. Mereka berdiskusi tentang penggunaan air bersih. Apa yang bisa kita lakukan? Bagaimana sebaiknya menggunaan air bersih?

Kalian buatkan poster berisi tips atau cara-cara menghemat dan menggunakan air bersih yang baik dan benar ya! Agar teman-teman dan masyarakat tau bagaimana seharusnya memperlakukan air dengan baik, agar air dapat terjaga dan dapat dimanfaatkan sepanjang hari.

Gambar berikut adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan dalam pemanfaatan air di sekolah. Buatlah cerita sesuai dengan gambar di bawah ini ya, tuliskan cerita tersebut di buku latihanmu!


Agar tertib dan teratur, setiap orang harus mentaati peraturan yang berlaku. Baik di rumah, di sekolah, di jalan, ataupun di masyarakat. Aturan-aturan tersebut di buat demi kebaikan bersama. Nah, di bawah ini adalah aturan penggunaan air bersih di rumah Beni. Apakah di rumahmu ada peraturan seperti ini? Buatlah daftar aturan pemnggunaan air bersih di rumahmu seperti contoh di bawah ini ya!

Menurut kalian, apakah adanya aturan itu baik atau buruk ya? Coba diskusikan dengan orang tuamu perbedaan keadaan dan kondisi yang akan terjadi, apabila di rumah dan di sekolah ada atau tidak ada (tanpa) aturan! Bagaimana sebaiknya, coba kalian jelaskan ya!

Demikian pembelajaran tentang aturan dan cara menggunakan air bersih. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

Posting Komentar untuk "Pembelajaran Kelas 1 Cara Menghemat Air Bersih"