Entah harus sedih atau gembira saat semua sekolah harus diliburkan untuk kemudian melakukan home learning dan pembelajaran daring (online) dari rumah
masing-masing. Kebijakan ini terpaksa diambil guna menyikapi atau meminimalisir
dampak dari merebaknya pandemi Corona yang disebabkan virus Covid 19, khususnya
di DKI Jakarta dan beberapa wilayah lain di Indonesia.
Sebagai warga negara yang baik, kita harus mendukung apapun
bentuk kebijakan yang diambil oleh
pemangku kebijakan. Hal ini tentunya sudah melalui banyak pertimbangan
dan survey serta penelitian selama beberapa waktu ke belakang. Semoga kita
semua dapat terhindar dari pandemi yang sudah banyak merenggut ribuan nyawa di
seantero belahan bumi ini.
Saat ini, saya tidak akan membahas tentang Corona. Namun, pada
kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pembelajaran daring kelas 1 sebagai usaha untuk melakukan home learning. Yang mau tidak mau, suka tidak suka, saya
dan teman-teman yang berprofesi sebagai guru harus berjibaku menyiapkan
materi-materi pembelajaran yang dilakukan secara daring (online) ini. Hal ini merupakan yang
pertama kalinya diadakan karena adanya kejadian luar biasa (KLB) Corona yang sedang mewabah saat ini.
Banyak hikmah yang dapat diambil. Salah satunya adalah kita semua menjadi sama-sama belajar banyak hal tentang apa dan bagaimana pembelajaran
daring itu, yang menurut banyak orang ini adalah sesuatu yang baru.
Baiklah, kita mulai pembelajaran hari ini, ya! Silakan disimak video berikut ini!
Tema 7 tentang benda, hewan dan tanaman di sekitarku. Sub
tema 1, benda hidup dan tak hidup di sekitarku. Pembelajaran ke-5.
Di sekitar kita, terdapat macam-macam benda, hewan dan juga
tanaman. Benda-benda ini dikelompokkan ke dalam jenis benda hidup dan benda tak
hidup. Contoh benda hidup antara lain menusia, ayam, kambing, ikan, kelinci dan
lain sebagainya. Sedangkan benda tak hidup antara lain meja, kursi, lemari,
buku, pensil dan lain sebagainya. Salah satu perbedaan benda hidup dan benda
tak hidup adalah, berkembang biak.
Benda hidup dapat berkembang biak. Sementara benda tak hidup
tidak dapat berkembang biak. Berkembang biak bertujuan untuk mendapatkan
keturunan. Berkembang biak juga untuk memperbanyak jumlah dari benda hidup
tersebut. Tujuan berkembang biak agar benda hidup terjaga kelestariannya dan
tidak mengalami kepunahan.
Berkembang biak adalah salah satu ciri dari makhluk hidup.
Berkembang biak juga merupakan kemampuan yang dimiliki setiap mahluk hidup. Hewan
sebagai benda hidup, berkembang biak dengan dua cara. Berikut ini adalah cara
hewan berkembang biak;
- Bertelur. Jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah beraneka macam jenis burung, ikan, serangga, ular, katak, buaya, dan lain sebagainya.
- Melahirkan. Jenis hewan yang berkembang biak dengan cara melahirakan anaknya yaitu, kerbau, sapi, kucing, kijang, anjing, harimau, dan lain sebagainya.
Dalam materi ini, ada beberapa kata baru yang harus
dipahami, yaitu:
- Berkembang biak. Menurut KBBI, berkembang biak adalah bertambah banyak. Secara umum, berkembang biak adalah proses makhluk hidup dalam memperbarui keturunannya untuk mempertahankan atau memelihara spesiesnya.
- Keturunan, yaitu lahirnya makhluk hidup baru.
- Memperbanyak artinya membuat jumlahnya menjadi banyak.
- Kelestarian artinya keadaan yang tetap seperti semula atau keadaan yg tidak berubah-ubah.
Oh, iya, siapa sih yang tidak kenal ayam? Ayam adalah salah
satu benda hidup yang ada di sekitar kita. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Ayam biasanya bertelur sehari
hanya satu butir. Mari menghitung banyaknya telur berikut ini. Perhatikan gambar pada buku tema 7 halaman 36.
Banyaknya telur adalah 47 butir. Telur diletakkan di dalam
keranjang besar dan keranjang kecil. Ada 4 keranjang besar dan 7 keranjang
kecil. Keranjang besar dianggap sebagai keranjang puluhan. Keranjang kecil
dianggap sebagai keranjang satuan. Jadi, 47 = 40 + 7, 47 = 4 puluhan + 7 satuan.
4 menempati tempat puluhan dan 7 menempati tempat satuan. Jika dituliskan dalam
nilai tempat adalah seperti berikut, 47 dan 47 ditulis dengan kata-kata empat
puluh tujuh.
Untuk memperjelas, silakan menggunakan buku siswa tema 7
tentang benda, hewan dan tanaman di sekitarku. Kerjakan juga latihannya di buku tulis latihan tema.
Selain materi di buku, kita juga dapat menggunakan materi di blog ini sebagai salah satu sumber belajar.
Selain materi di buku, kita juga dapat menggunakan materi di blog ini sebagai salah satu sumber belajar.
Silakan klik tugas di sini. Langsung dikerjakan dan dikirim
ya. Selamat belajar!
Wah keren. Perlu dishare ini.
BalasHapusMatur suwun mas Zen..
HapusKeran! hehe
BalasHapuswalaupun sebenernya aku gak terima kalau menusia dikatakan benda, hehe. Mungkin aku yg tak tahu klasifikasi jenis ini. Rapi banget ih nulisnya Bu Rusmi ini, asli Keran
Hehe..
BalasHapusBtw, makasih bu..
Mantap Bu .syafik SD 22
BalasHapusjadi inget-inget materi waktu sekolah dulu :D
BalasHapusWah, bisa di share ke tetangga sebelah yang anaknya SD
BalasHapus