Bismillahirahmanirrahim.. Semangat home learning, semangat belajar di rumah.
Baiklah, kita mulai pembelajaran hari ini ya!
Masih di Tema 7 tentang benda, hewan dan tanaman di
sekitarku. Sub tema 1, benda hidup dan tak hidup di sekitarku. Pembelajaran ke-6. Silakan simak video berikut ini.
Pada pembelajaran sebelumnya, kita telah dapat
mengidentifikasi macam-macam benda hidup dan benda tak hidup di sekitar kita.
Di antara banyak benda mati yang terdapat di dapan kelas, salah satunya adalah gambar
lambang negara yang tergantung di dinding kelas.
Ya, gambar lambang negara Pancasila tersebut adalah termasuk
benda tak hidup. Kalian semua juga sudah mengetahui simbol dan bunyi sila ke-4
Pancasila. Masih ingatkan, tepuk sila ke-empat?
Setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah menjiplak gambar di
buku tema hal 40 pada kertas selembar, kemudian menyambungkan garis putus-putusnya
agar membentuk simbol sila ke-4. Lalu warnailah gambar tersebut sesuai dengan
simbol sila ke-4. Berikutnya jangan lupa, tuliskan bunyi sila ke-4 di buku
tulis latihan tema.
Kemudian, apakah kamu masih ingat ciri-ciri benda hidup?
Ciri yang pertama adalah membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.
Makanan diperlukan sebagai sumber energi untuk melakukan proses kehidupan.
Ciri yang kedua adalah bergerak yaitu berpindah tempat dari tempat
yang satu ke tempat yang lain. Misalnya dengan berjalan/berlari, terbang,
berenang, melompat dan merayap.
Ciri yang ketiga adalah berkembang biak. Tujuannya untuk
melestarikan jenisnya agar tidak punah. Cara untuk berkembang biak hewan
misalnya dengan melahirkan, atau
bertelur.
Ciri yang keempat adalah tumbuh. Tanda-tanda pertumbuhan yaitu
bertambah panjang, tinggi dan besar. Misalnya pertumbuhan pada manusia, hewan
dan tumbuhan. Mereka disebut mengalami pertumbuhan apabila tubuhnya bertambah
panjang, tinggi atau besar.
Coba perhatikan gambar di bawah, lalu isilah titik-titik di
bawah ini menggunakan kata yang tersedia.
Aneka jenis permainan termasuk benda tak hidup. Boneka,
mobil-mobilan, dan kartu adalah benda tak hidup. Dadu pun termasuk benda tak hidup.
Yuk kita membuat kreasi. Kita akan mencoba membuat dadu. Kegiatan membuat dadu ini
untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan. Buatlah 2 dadu, 1 dadu
bilangan puluhan, dan 1 dadu bilangan satuan.
Pertama-tama guntinglah pola dadu berikut. Kemudian rekatkan
dengan lem sehingga membentuk dadu.
Untuk memperjelas, silakan menggunakan buku siswa tema 7
tentang benda, hewan dan tanaman di sekitarku. Selain materi di buku, kita juga
dapat menggunakan materi di blog ini dan juga video pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar dan media pembelajaran.
Sebagai pengayaan dalam pembelajaran ini, kerjakan kuis atau soal di sini ya.
Sebagai pengayaan dalam pembelajaran ini, kerjakan kuis atau soal di sini ya.
Selamat belajar!
Posting Komentar untuk "Pembelajaran Kelas 1 SD Tema 7 Sub Tema 1"