Fenomena Empon Empon Corona


Fenomena Empon Empon Corona
Saat ini, dunia sedang digemparkan oleh makhluk Allah SWT yang sangat kecil ukurannya. Makhluk itu bernama Covid 19 atau yang populer disebut sebagai virus Corona. Virus ini begitu mudah menyebar, dan besarnya dampak penyebaran menyebabkan banyak penduduk dunia terinfeksi olehnya. Hingga menimbulkan korban yang jumlahnya tidak sedikit. Bahkan hingga mencapai ribuan jiwa yang harus meregang  nyawa. Inilah fenomena empon-empon corona.

Sampai saat ini, para ahli sedang berusaha untuk mencari obatnya. Berbagai uji coba telah dilakukan demi menciptakan vaksin untuk menghalau si virus corona yang berbahaya ini. Paling tidak, usaha minimal yang dapat kita lakukan adalah menjaga jarak aman dengan orang lain, jauhi keramaian atau kerumunan, jaga kebersihan tangan dengan mencucinya sesering mungkin. Bisa menggunakan sabun antiseptic ataupun handsanitizer. Selain itu gunakan masker jika diperlukan. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan juga olah raga agar badan senantiasa fit dan bugar.

Sebagai orang awam, kita hanya bisa melakukan hal-hal yang sederhana yang telah disebutkan di atas. Hayuklah, mulai dari hal kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulailah saat ini. Jika setiap orang melakukannya, insyaallah dengan cepat virus covid 19 ini akan pergi. Namun, selain hal-hal di atas, ada satu tips sehat lainnya yang juga bisa kita lakukan.

Tips tersebut adalah dengan mengkonsumsi ramuan tradisional empon-empon. Yah, seketika empon-empon menjadi fenomena, sebagai salah satu minuman ‘jadul warisan leluhur’ menjadi viral karena berkhasiat tinggi untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh.
Sebenarnya, ramuan tradisional empon-empon sudah ada sejak dulu. Hingga saat inipun empon-empon masih terus dikonsumsi oleh penikmat jamu. Apalagi sejak mulai merebaknya virus corona beberapa waktu lalu. Dikatakan bahwa ramuan ini berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, sehingga dapat terhindar dari perebakan wabah covid 19 ini.

Awalnya, muncul pertanyaan, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan empon-empon? Jujur, saya sendiri baru kali ini mengenal si empon-empon ini.
Empon-empon adalah sejenis jamu yang merupakan campuran dari berbagai bahan baku dan rempah yang biasa digunakan untuk membuat minuman tradisional yang dikenal di Indonesia. Minuman empon-empon ini diracik sedemikian rupa. Hingga perpaduan seperti jahe, kunyit, temulawak, dan sereh menyatu menjadi suatu minuman yang rasanya ciamik.

Sebuah studi global yang dilakukan oleh Anoma Chandrasekaraa dan Fereidoon Shahidib, berupa review yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine tahun 2018, berjudul “Herbal beverages: Bioactive compounds and their role in disease risk reduction.” atau “Minuman herbal: Senyawa bioaktif dan perannya dalam mengurangi resiko penyakit." Jadi menurut studi tersebut, minuman herbal merupakan minuman yang terbuat dari bahan alami atau natural yang berasal dari tanaman, seperti daun, akar, batang, buah, maupun bunga.

Fenomena Empon Empon Corona

Studi ini juga mengatakan bahwa minuman herbal ini dapat dikonsumsi sebagai bagian dari diet yang memberikan manfaat dalam meningkatkan anti-oksidan dalam tubuh serta dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Saat ini, karena permintaan jamu yang tinggi mengakibatkan kenaikan harga bahan baku menjadi melonjak. Imbas dari banyak masyarakat yang kini rutin mengonsumsi jamu empon-empon ini. Menurut mereka, jamu empon-empon sangat baik untuk pencegahan. Sehingga mereka setiap hari meminumnya. Hingga akhirnya, terjadilah fenomena empon-empon yang tengah naik daun. Mereka menganggap, empon-empon “paling manjur” untuk meningkatkan daya tubuh dan menjaga mereka untuk tetap sehat dan terbebas dari virus corona ini.

Hingga 12 April 2020, data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan terdapat lebih dari 1,7 juta orang terjangkit virus corona di seluruh dunia dan lebih dari 108.862 orang meninggal dunia. Sementara itu, hingga artikel ini diterbitkan, di Indonesia covid 19 sudah tersebar di 32 provinsi. Terdapat 4.557 kasus orang yang positif terjangkit dan 399 orang meninggal dunia.

Seorang guru besar biologi molekuler dari Universitas Airlangga memaparkan bahwa empon-empon bisa menangkal virus corona. Empon-empon juga terbukti aman untuk kesehatan. Sebuah Peraturan dari Menteri Kesehatan No. 187/2017, memuat tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia. Di sana disebutkan bahwa formularium ramuan obat tradisional Indonesia (FROTI) berisi informasi tentang jenis-jenis tanaman obat yang tumbuh di Indonesia yang secara empiris bermanfaat bagi kesehatan dan telah terbukti aman jika digunakan sesuai aturan.

Sebuah buku karya Ir. Fauziah Muhlisah yang berjudul, “Temu-temuan dan Empon-empon, Budidaya dan Manfaatnya” menyatakan bahwa kata “empon-empon” berasal dari bahasa Jawa yang asal katanya adalah “empu” yang berarti akar tinggal atau rimpang induk. Kata empu atau empon-empon ini digunakan untuk menyebut kelompok tanaman yang mempunyai rimpang atau akar tinggal. Dan biasanya, ramuan empon-empon ini terdiri dari temulawak, jahe, kunyit, kencur, dan sereh.

Sejak jaman nenek moyang, masyarakat kita memanfaatkan tanaman yang termasuk ke dalam kelompok empon-empon ini untuk pengobatan tradisional dan juga sebagai bumbu masakan. Namun kini penggunaannya sudah meluas hingga ke industri makanan, minuman, perawatan tubuh, bahkan sebagai bahan dasar kosmetika untuk perawatan kecantikan. Nah, sejak menyebarnya virus covid 19 atau yang lebih dikenal dengan corona ini, banyak kalangan bahkan ikut mengonsumsi minuman empon-empon ini hingga dua atau tiga kali sehari.

Berikut manfaaat dari bahan dasar jamu atau minuman empon-empon.

  • Jahe atau jahe merah

Jahe atau jahe merah bermanfaat membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tubuh tetap fit dan bugar. Ekstrak jahe merah dapat membunuh bakteri berbahaya dan mencegahnya masuk dalam tubuh. Karena itu sistem imun dan kekebalan tubuh akan meningkat.

  • Temulawak

Salah satu manfaat temulawak adalah untuk menjaga kebugaran badan. Telebih saat di tengah kesibukan. Jadi, kebiasaan minum jamu temulawak sangat baik bagi kesehatan.

  • Kunyit

Kunyit dipercaya sebagai antioksidan, antitumor, dan antikanker dikarenakan senyawa yang terkandung dalam kunyit yaitu kurkuminoid dan minyak atsiri yang mempunyai peran penting dalam pemanfaatan kunyit. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menangkal radikal bebas. Senyawa kurkuminoid yang terkandung dalam rimpang kunyit memiliki sifat sitotoksik yang dapat menghambat proliferasi sel-sel kanker dan juga dapat mengurangi dan menghilangkan bau, rasa gatal, serta mengurangi ukuran luka dari kanker. Oleh sebab itu, kunyit dapat digunakan sebagai antiradang yang berguna untuk terapi dan pengobatan kanker atau tumor.

  • Kencur

Salah satu manfaat kencur adalah mengobati batuk. Hal ini dikarenakan kencur memiliki  kandungan zat seperti dalam jahe dan kunyit. Kencur juga dapat dimanfaatkan sebagi obat tradisional untuk atasi batuk berdahak dan membuat pernapasan lebih lega. Selain itu, kencur juga sering dimanfaatkan untuk memperindah suara para penyanyi. Hal ini dikarenakan kencur dapat membantu menjaga pita suara dan tenggorokan terasa lega.

  • Sereh

Sereh bermanfaat untuk menurunkan demam dan kandungan sereh juga bisa membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh.

Dengan kondisi pandemic covid saat ini, diharapkan kita tidak panik. Salah satu cara menangkalnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan asupan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh seperti empon-empon. Hal ini akan membantu menangkal virus corona yang sedang mewabah.

Di dalam jurnal Herbal Medicine dikatakan bahwa penggunaan utama dari herbal adalah untuk meningkatkan kesehatan dan terapi untuk kondisi kronis, serta melawan kondisi yang mengancam jiwa. Namun begitu, perlu diingat bahwa empon-empon ini hanya digunakan sebagai penangkal saja, bukan obat atau vaksin khusus yang mampu mencegah dan menyembuhkan virus corona. Jadi yang perlu kita lakukan selain menjaga kesehatan tubuh dengan minum jamu empon-empon adalah, pastikan untuk tetap di rumah, hindari kerumunan, lakukan physical distancing dan sebisa mungkin minimalisir kegiatan di luar rumah. 

Demikianlah artikel tentang virus corona dan fenomena empon-empon corona.
Semoga artikel ini bermanfaat. So, #dirumahaja, #stayathome, #staysave.

3 komentar untuk "Fenomena Empon Empon Corona"

  1. Empon-empon rasanya enak. Saya dapet yang racikan daun²an mentahnya dari jawa.
    Semoga wabah pandemi ini cepet selesai.

    BalasHapus
  2. Terima kasih Mbak atas artikelnya yang cukup mendalam dengan melampirkan beberapa sumber jurnal yang bisa ditelusuri isinya

    Kalau aku biasanya jahe aja udah enak. Apalagi dikasih kacang dan apa itu bulet-bulet kayak pentol tapi dari tepung; jadi wedang ronde

    BalasHapus
  3. Tak perlu jauh2 cari obat mahal..

    Tanah nusantara sdh siap dengan berbagai kekayaan herbalnya.. 🙏🙏

    BalasHapus