Pembelajaran Kelas 1 Peristiwa Siang dan Malam


Pembelajaran Kelas 1 Peristiwa Siang dan Malam

Assalamu'alaikum, selamat pagi semua. Jumpa lagi dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau home learning yang sampai saat ini masih terus berlangsung hingga beberapa waktu ke depan. Apa kabarnya pagi hari ini? Semoga semuanya sehat-sehat dan tetap semangat ya! Hari ini masuk ke pembelajaran tentang peristiwa siang dan malam.

Anak-anak harus tau ya, bahwa apapun peristiwa yang terjadi di dunia ini adalah kuasa dari Allah SWT. Termasuk terjadinya siang dan malam. Kira-kira, apa yang akan terjadi jika kita hanya mengalami siang saja tanpa adanya malam? Atau sebaliknya, di dunia hanya ada malam saja tanpa ada siang. Hmm, ayo, diskusikan dengan orangtuamu ya!

Nah, saat siang hari, matahari bersinar cerah. Pohon-pohon melambai tertiup angin. Udara siang hari terasa panas. Sementara saat malam mulai menjelang, matahari mulai terbenam. Udara pada malam hari terasa lebih sejuk. Waktunya untuk tidur dan beristirahat ya.

Selanjutnya, bacalah wacana berikut ini!


Hari ini adalah hari Sabtu. Udin ingin pergi mengunjungi nenek. Udin mengajak Edo dan Beni. Rumah nenek berada di pinggir kota. Suasana di sana sangat nyaman. Mereka akan menginap semalam di sana. Menikmati udara sejuk pegunungan. Bermain di pinggir sawah. Menikmati hangatnya sinar mentari. Memandang langit yang bertaburan bintang. Sungguh senang menginap di rumah nenek.

Saat matahari mulai terbenam, tandanya hari mulai malam. Saat malam hari, kita semua harus berada di rumah. Kita berkumpul bersama keluarga. Nenek ingin membacakan cerita. Membaca cerita sambil mendendangkan lagu. Udin, Beni, dan Edo tak sabar mendengarkan. Mereka duduk di teras rumah. Bintang dan bulan tampak terlihat terang di langit. Suasana malam terasa lebih sepi dan sunyi. Nenek mulai bercerita dan mendendangkan lagu. Ayo, nyanyikan lagu berikut ini bersama adik atau kakakmu ya!


Oh iya, saat malam hari, di langit terlihat bintang-bintang. Di bawah ini, ada bintang bertuliskan kata-kata. Pilih yang berisi ttentang peristiwa malam hari. O iya, ada juga pohon bintangnya. Kalian buat di buku latihan ya. Gambar dan tuliskan kata-kata yang terdapat di bintang berikut ini pada pohon yang telah kalian buat! Carilah kata-kata yang sesuai untuk peristiwa malam hari.


Untuk kegiatan selanjutnya, tulislah kata-kata yang tepat untuk gambar di bawah ini, lalu buat kalimatnya di buku latihanmu ya!

Setelah beristirahat dengan nyenyak. Udin, Beni, dan Edo bangun pagi-pagi sekali. Mereka akan menemani nenek ke sawah. Sawah nenek ditanamani pohon padi. Pohon padi akan menghasilkan beras. Tahukah kalian, beras adalah makanan pokok kita? Padi melambangkan kemakmuran bagi semua. Padi dan kapas merupakan lambang sila kelima Pancasila.

Bunyi sila kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Masih ingatkan tepuk sila kelima?

Coba kalian amati gambar lambang dari sila-sila Pancasila berikut ini!


Setelah mengamati, sebutkan apa nama lambang dari sila-sila Pancasila, lalu tulis pada tabel di bawah ini ya.


Pemandangan di rumah nenek sangat indah. Sawah terbentang di sekelilingnya. Hijau pegunungan menambah sejuknya udara. Udin, Beni, dan Edo berjalan di pematang sawah. Mereka menyapa petani sambil bernyanyi. Mereka bernyanyi lagu Pemandangan.

Nyanyikan lagu Pemandangan dengan gembira. Pemandangan yang indah merupakan karunia Tuhan. Berlatihlah menyanyi dengan nada yang tepat. Perhatikan nada tinggi dan rendahnya. Tampillah bersama kelompokmu di depan kelas.


Hari ini matahari bersinar cerah. Ayah mengajak Dayu tamasya ke pantai. Dayu senang sekali. Angin bertiup sepoi-sepoi. Di pantai banyak pohon kelapa. Burung-burung terbang di sekitar pantai. Dayu mengajak ayah bermain di pinggir pantai. Bermain dan membuat rumah-rumahan dari pasir. Dayu ingin belajar berenang. Berenang di pantai sangat menyenangkan. Saat ombak datang, Dayu berpegangan pada ayah. Mereka tertawa gembira.

Dayu membawa banyak barang untuk tamasya ke pantai. Ayo, kita cari tahu barang apa yang dibawa Dayu. Pasangkan gambar di bawah ini sesuai dengan namanya.

Dayu puas bermain pasir. Dayu memberanikan diri bermain air di pantai. Kaki Dayu terendam air hingga lutut. Dayu merentangkan kedua tangannya ke atas. Itu menandakan Dayu berani berdiri dalam air. Sesekali Dayu menyiramkan air ke tubuhnya. Air membuat tubuh Dayu segar.

Bacalah dengan nyaring.
Indahnya Suasana Pantai 

Dayu berjalan di sepanjang pantai. 
Sinar mentari terasa hangat. 
Deru air laut terdengar merdu. 
Dayu memandang ombak dan buih. 
Riak ombak membasahi ujung kaki Dayu. 
Sepoi angin meniup rambut Dayu. 
Burung-burung terbang mengitari pantai. 
Sungguh indah pemandangan di pantai.

Tulislah kalimat yang tepat untuk peristiwa siang hari.



Demikian pembelajaran kelas 1 tentang peristiwa siang dan malam. Selamat belajar anak-anak hebat. Tetap semangat dan tetap #dirumahaja ya!

Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 8

1 komentar untuk "Pembelajaran Kelas 1 Peristiwa Siang dan Malam"

  1. Malam, bulan ,bintang ,berkelip kelip , burung hantu
    Siang, matahari, dan awan

    BalasHapus