Soal Penilaian Tengah Semester 2 Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 dan Tema 7 Subtema 1
I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
1.
Sikap melaksanakan segala sesuatu yang telah disepakati bersama untuk
mencapai tujuan bersama disebut…
a. Hak dan kewaiban |
c. Kerjasama |
b. Tanggung jawab |
d. Persatuan |
2. Salah satu penyebab kemacetan lalu lintas antara lain banyak
pengguna jalan yang tidak melakukan ….untuk menaati aturan lalu lintas.
a. Kewajiban |
c. Tanggung jawab |
b. Hak |
d. Kewajiban dan Hak |
3. Salah satu bentuk tanggung jawab masyarakat adalah …..sebagai dasar negara
a. Melaksanakan
nilai-nilai Pancasila |
c. Melaksanakan kegiata adat istiadat |
b. Melaksanakan gotong
royong |
d. Melaksanakan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah. |
4. Pencemaran lingkungan, terjadi karena masyarakat membuang bahan-bahan
berbahaya secara sembarangan ke lingkungan alam. pencemaran limbah cair ke
sungai-sungai, dapat mencemari air sungai yang menyebabkan kerugian bagi masyarakat
yang menggunakannya. Peristiwa tersebut di sebabkan karena masyarakat tidak menjalankan…. Terhadap lingkungan.
a. Hak |
c. Tanggung jawab |
b. Kewajiban |
d. Kewajiban dan hak |
(Teks bacaan soal No 5-8)
Sejarah Termos
Hampir semua keluarga memiliki
termos di rumahnya. Termos memang sering digunakan
untuk menyimpan air panas agar
tetap panas saat digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan
susu setiap saat, menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah
sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai
dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap
yang dapat menyimpan cairan agar tetap
memiliki suhu seperti semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang
seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada
air panas tersebut tidak bisa
berpindah dengan cepat. Panas yang
dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang
terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap
hangat hingga beberapa saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini
termos tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk
menyimpan air dingin agar tetap dingin.
Pencipta termos pertama kali
pada tahun 1902 adalah James Dewar.
Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap
hangat. Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat merupakan
hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang dingin seperti di
Eropa.
Karena kebutuhan inilah, James
Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan
wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan
dan ditutup rapat untuk mencegah agar panas tidak menjalar.
Sementara dinding sebelah
dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa
udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa
udara buatan James Dewar dan penutup wol buatan mertuanya sampai sekarang dapat
dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.
Sumber : diolah
dari berbagai sumber
5. Siapakah yang menciptakan termos pertama…
a. James dewar |
c. Benjamin Holt |
b. Edwar Jenner |
d. Blaise Pascal |
6. Cikal bakal dari termos adalah…
a. Botol penjaga panas |
c. Botol hampa udara |
b. Botol penahan panas |
d. Botol udara |
7. Apakan Fungsi dari termos …
a. Untuk
menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. |
c. Untuk menjaga air panas di tempat tertentu |
b. Untuk menjaga air panas di sebuah tempat. |
d. Untuk menghangatkan air panas. |
8. Pada tahun berapa termos pertama kali diciptakan…
a. 1904 |
c. 1902 |
b. 1905 |
d. 1903 |
9. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut…
a. Deduktor |
c. Konduktor |
b. Semikonduktor |
d. Isolator |
10.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Peralatan
masak yang terdapat di atas merupakan bahan…
a. Deduktor |
c. Konduktor |
b. Semikonduktor |
d. Isolator |
11. Penyebab aliran panas berhenti pada sebuah
bahan isolator adalah..
a.
Bahan isolator
tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. |
c. Bahan
isolator mempunyai sifat yang sam seperti bahan semikonduktor. |
b.
Bahan isolator dapat mengalirkan panas
secara konduksi. |
d. Bahan isolator tidakl dapat mengalirkan
panas secara konduktor. |
12. Bahan yang termasuk bahan isolator yaitu…
a. Sumpit besi |
c. Sedok besi |
b. Sumpit bambu |
d. Panci |
13. Salah satu contoh aktivitas masyarakat yang mempengaruhi
pembangunan sosial adalah…
a. Pengrajin batik rumahan |
c. Festifal
batik daerah |
b. pengrajin batik pabrik |
d. Festifal kebudayaan |
14. Kegiatan produksi yang ramah lingkungan adalah…
a. Pembuatan gula di pabrik |
c. Daur ulang sampah plastik |
b. Pembuatan pabrik sawit |
d. Penebangan kayu jati |
15. Nelayan, petani, perkebunan teh merupakan aktivitas ekonomi yang
dilakukan berdasarkan...
a. Kepercayaan msyarakat
setempat |
c. Kondisi geografis
lingkungan |
b. Kegiatan ekonomi yang
berlaku |
d. Kondisi masyarakat |
16. Interaksi manusia dengan
lingkungan yang baik akan mempengaruhi…
a. Kehidupan manusia |
c. Pembangunan ekonomi |
b. Sosial budaya |
d. Perkembangan masyarakat |
17. Menggambar cerita dengan
mengunakan krayon, tehnik menggambar yang digunakan adalah…
a. Tehnik kering |
|
c. Tehnik semi kering |
b
Tehnik basah |
|
d. Tehnik semi basah |
18. Alat yang di gunakan dalam menggambar
cerita menggunakan tehnik basah adalah..
a. Cat air,
Tinta cina dan krayon |
c. Cat air, pensil dan krayon |
b. Cat air, Tinta
cina dan cat yang menggunakan air sebagai pengencer |
d. Cat air, Tinta cina dan kapur |
19 Teknik menutup gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan
kesan siluet atau blok disebut..
a. Teknik blok |
c. Teknik sapuan |
b. Teknik arsir |
d. Teknik basah |
20. Gambar yang menceritakan sebuah peristiwa
yang menunjukkan kegiatan orang atau binatang dalam suatu peristiwa adalah..
a. Gambar tiga dimensi |
c. Gambar cerita |
b. Gambar lukisan |
d. Gambar berwarna |
II. Jawablah perntanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
21. Apa yang di maksud dengan budaya? Sebutkan macam- macam wujud dari
budaya!
22. Bagaimana sikap yang baik terhadap keragaman sosial budaya yang
ada?
Teks bacaan no 23 dan 24!
Sistem Tanam Paksa
Pemerintah Kolonial BelandaPada
masa kepemimpinan Johanes Van Den Bosch, Belanda memperkenalkan sistem tanam
paksa. Sistem tanam paksa pertama kali diperkenalkan di Jawa dan dikembangkan
di daerah-daerah lain di luar Jawa. Di Sumatra Barat, sistem tanam paksa
dimulai sejak tahun 1847. Saat itu, penduduk yang telah lama menanam kopi
secara bebas dipaksa menanam kopi untuk diserahkan kepada pemerintah kolonial.
Sistem yang hampir sama juga dilaksanakan di tempat lain seperti Minahasa, Lampung,
dan Palembang. Kopi merupakan tanaman utama di Sumatra Barat dan Minahasa. Adapun
lada merupakan tanaman utama di Lampungdan Palembang. Di Minahasa, kebijakan yang
sama kemudian juga berlaku pada tanaman kelapa.
Pelaksanaan tanam paksa banyak
terjadi penyimpangan, di antaranya sebagai berikut.
1. Jatah tanah untuk tanaman ekspor melebihi seperlima tanah
garapanapalagi jika tanahnya subur.
2. Rakyat lebih banyak mencurahkan perhatian, tenaga, dan waktunya
untuk tanaman ekspor sehingga banyak yang tidak sempat mengerjakan sawah dan
ladang sendiri.
3. Rakyat yang tidak memiliki tanah harus bekerja melebihi 1/5 tahun.
4. Waktu pelaksanaan tanam paksa ternyata melebihi waktu tanam padi
(tiga bulan) sebab tanaman-tanaman perkebunan memerlukan perawatan
terus-menerus.
5. Setiap kelebihan hasil panen dari jumlah pajak yang harus
dibayarkan kembali kepada rakyat ternyata tidak dikembalikan kepada rakyat.
6. Kegagalan panen tanaman wajib menjadi tanggung jawab
rakyat/petani.
Adanya
penyimpangan-penyimpangan pelaksanaan tanam paksa mem-bawa akibat yang
memberatkan rakyat Indonesia. Akibat penyim
pangan pelaksanaan tanam paksa tersebut antara lain: banyak tanah
terbengkalai sehingga panen gagal, rakyat makin menderita, wabah penyakit
merajalela, bahaya kelaparan melanda Cirebon dan memaksa rakyat mengungsi ke
daerah lain untuk menyelamatkan diri. Kelaparan hebat juga terjadi di Grobogan
yang mengakibatkan banyak kematian sehingga jumlah penduduk menurun tajam.
Tanam paksa yang diterapkan
Belanda di Indonesia ternyata mengakibatkan aksi penentangan. Berkat adanya
kecaman dari berbagai pihak, akhirnya pemerintah Belanda menghapus tanam paksa
secara bertahap. Salah satu
tokoh Belanda yang menentang sistem tanam paksa adalah Douwes Dekker dengan
nama samaran Multatuli.
Dia menentang tanam paksa
dengan mengarang buku berjudul Max
Havelaar. Edward Douwes Dekker mengajukan tuntutan kepada pemerintah kolonial
Belanda untuk lebih memperhatikan kehidupan bangsa Indonesia karena kejayaan
negeri Belanda itu merupakan hasil tetesan keringat rakyat Indonesia. Dia
mengusulkan langkah-langkah untuk membalas budi baik bangsa Indonesia.
Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.
a. Pendidikan (edukasi).
b. Membangun saluran pengairan (irigasi).
c. Memindahkan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang jarang
penduduknya (transmigrasi).
23. Apakah tanam paksa itu?
24. Apa akibat penyimpangan tanam paksa?
25. Apakah maksud dari peristiwa menguap dan menyublim pada perubahan
wujud benda? Berikan contoh dari kedua peristiwa tersebut!
26. Sebutkan contoh perubahan wujud benda padat menjadi cair!
27. Apakah penyebab terjadinya perlawanan terhadap bangsa portugis?
Sebutkan bentuk bentuk perlawanannya!
28. Sebutkan faktor- faktor penyebab gagalnya perjuangan bangsa
Indonesia dalam mengusir penjajah!
29. Apakah yang dimaksud dengan lagu wajib? Sebutkan ciri- ciri dari
lagu wajib!
30. Bagaimanakah tempo lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!
Nico Eri Darmawan
BalasHapusNama : Muhammad Yusuf Maulan, No. absen : 8
BalasHapusSuryo budiyono absen 20
BalasHapusNaziha masikah No.absen 10
BalasHapus