Soal Penilaian Tengah Semester 2 Kelas 5



Soal Penilaian Tengah Semester 2 Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 dan 2


I.    Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !

 

(PPkN No  1- 4)

1.     Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan…

a.  Pembayaran uang sekolah.

c. Perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.

b.  Menjaga ketertiban di kelas.

d. Penjagaan fasilitas sekolah.

2.    Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu. Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan…sebagai siswa dengan penuh taggung jawab.

a.  Kewajiban

c.  Sikap

b.  Hak

d.  Norma

3.    Memelihara lingkungan alam adalah….

a. Kewajiban masyarakat bersama

c.  Hak masyarakat bersama

b. Kewajiban masyarakat tertentu

d. Hak masyarakat tertentu

4.    Sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi disebut…

a.  Norma

c.    Kewajiban

b.  Peraturan

d.  hak

     

      (Bahasa Indonesia no 5-8)

      Teks bacaan soal no 5- 6)

Sumber Energi Panas

Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia. 

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit!  Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit!

Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu!  Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar

percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.

Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian

 

5.    Kata kunci pada pargraf pertama ….

a.  Cara menghasilkan energi panas

    c.  Kegunan matahari

b.  Kegunaan matahari

    d.  Sumber energi panas

6.    Sumber energi panas yaitu…

a.  Matahari dan api

c.  Matahari dan angin

b.  Matahari dan air

d.  Matahari  dan udara

7.    Sumber energi terbesar di bumi adalah..

a.  Angin

c.  Matahari

b.  Api

d.  Air

8.    Kesimpulan dari bacaan di atas adalah…

a.  Energi panas mempunyai banyak manfaat bagi manusia.

c.   Energi panas dapat dihasilkan dengan menggunakan matahari.

b.   Energi matahari dapat menerangi bumi.

 

d.  Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari.


(IPA No 9- 12)

9.    Manfaat sumber energi panas yang berasal dari matahari kecuali…

a.  Pembangkit tenaga listrik

c.  Mengeringkan jemuran pakaian

b.  Menghangatkan ruangan

d.  Menghaluskan pakaian


10. Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin disebut...

a.  Pengkristalan

c.  Penyusutan

b.  Pencairan

d.  Pemuaian

 

11. Salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda adalah..

a.  Derajat

c. Kalor

b.  Celcius

 

d.  Suhu

 

12. Perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas disebut…

a.  Penyusutan

c. Pencairan 

b.  Pemuaian

d. Pembekuan

 

(IPS No 13- 16)

13. Dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam adalah…

a.   Kebutuhan manusia terpenuhi

c.  Bertambahnya polusi udara 

b.  Sebagai tempat rekreasi

d. Keaslian alam terjaga


14. Interaksi manusia yang harus menyesuaikan diri dengan alam adalah…

a.  Membersihkan lingkungan

c.  Menanam padi

b.  Menjaga lingkungan

d.  Hujan buatan


15. Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia diantaranya, kecuali

a.  Kerusakan manusia

c.  Kebakaran hutan

b.  Tanah longsor

d.  Banjir sampah

16. Interaksi manusia dengan alam ada yang berdampak baik dan ada yang berdampak buruk. Perilaku masyarakat yang suka melakukan penebangan hutan hutan liar dapat menyebabkan…

a.   Memelihara kehidupan hewan

c.   Tanah longsor

b.   Hutan menjadi subur

d.   Rumah rusak

 

(SBdP No 17- 20)

17. Tangga nada pada lagu Cublak- Cublak Suweng adalah…

a.  Kromatis

c.  Slendro

b.  Melodis

d.  Pelog

18. Tangga nada yang menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do – mi – fa- sol – si adalah..

a.  Kromatis

c.  Slendro

b.  Melodis

d.  Pelog

19  Gamelan adalah salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada

a.  Kromatis

c.  Pentatonis

b.  Romantic

d.  Diatonis

20. Tangga nada pada lagu Cingcangkeling adalah…

a.  Kromatis

c.  Slendro

b.  Melodis

d.  Pelog

 

II.      Jawablah pertanyaan di bawah in dengan tepat !

 

21. Sebutkan hak dan kewajiban sebagai seorang nelayan!

 

22. Jelaskan perbedaan hak, kewajiban, dan tanggung jawab!

(Teks  bacaan soal No 23-24)

 

Perpindahan Panas atau Kalor

 

Pernahkah kamu membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kamu mengapa  api kompor dapat memanaskan air dalam panci sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kamu memasak sayuran,  panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa panas dapat berpindah.

Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer).  Akan tetapi, panas dari matahari dapat berpindah atau merambat ke

planet kita sehingga kita dapat merasakan hangatnya sinar matahari. Andai saja panas matahari tidak dapat berpindah ke bumi, dapatkah kamu membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini?

Panas berpindah dari benda yang  bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas dapat berpindah? Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara seperti benda padat. Contoh konduksi adalah panci  logam yang panas karena diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan bagian zat perantaranya. Misalnya, air di

dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi adalah cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari yang sampai ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi. 

Sumber : IPA BSE kelas 5, Pusat Perbukuan, 2010

23. Sebutkan hal- hal penting yang terdapat pada paragraph pertama!

 

24. Buatlah  kesimpulan dari bacaan di atas!

 

25. Sebutkan dan jelaskan tiga cara perpindahan (Kalor)!

 

26. Sebutkan contoh perpindahan panas (kalor) secara radiasi!

 

27. Sebutkan interaksi manusia yang mempunyai dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan!

 

28. Sebutkan 3 jenis kebutuhan manusia!

 

29. Pola lantai adalah…

 

30. Sebutkan macam-macam pola lantai dalam sebuah tarian!


Demikian soal Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 dan 2. 

Selamat mengerjakan. Salam sukses.


Posting Komentar untuk "Soal Penilaian Tengah Semester 2 Kelas 5"