Soal Penilaian Tengah Semester 2 Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 dan 2
I. Berikan
tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
(PPkN No 1- 4)
1. Setiap
siswa memiliki hak untuk mendapatkan…
a. Pembayaran uang sekolah. |
c. Perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. |
b. Menjaga ketertiban di
kelas. |
d. Penjagaan fasilitas sekolah. |
2. Setiap
siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika
sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga
kegiatan belajar akan terganggu. Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik
maka siswa harus menjalankan…sebagai siswa dengan penuh taggung jawab.
a. Kewajiban |
c. Sikap |
b. Hak |
d. Norma |
3. Memelihara
lingkungan alam adalah….
a. Kewajiban masyarakat
bersama |
c. Hak masyarakat bersama |
b. Kewajiban masyarakat tertentu |
d. Hak masyarakat tertentu |
4. Sesuatu
yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi disebut…
a. Norma |
c.
Kewajiban |
b.
Peraturan |
d.
hak |
(Bahasa Indonesia no 5-8)
Teks bacaan soal no 5- 6)
Sumber
Energi Panas
Benda
yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi
panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari
merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi
panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada
tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari
hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk
manusia.
Energi
panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat.
Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai
kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi
setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk
mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah
kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit!
Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik!
Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit!
Lalu
sentuhlah permukaan mistar plastik itu!
Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut,
apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi
gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak
tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain
matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari
api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah
batu yang kering sampai keluar
percikan
api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu
digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan
dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat
menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek
api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian
5. Kata
kunci pada pargraf pertama ….
a. Cara menghasilkan energi panas |
c. Kegunan matahari |
b. Kegunaan matahari |
d. Sumber energi panas |
6. Sumber
energi panas yaitu…
a. Matahari dan api |
c. Matahari dan angin |
b. Matahari dan air |
d. Matahari dan udara |
7. Sumber
energi terbesar di bumi adalah..
a. Angin |
c. Matahari |
b. Api |
d. Air |
8. Kesimpulan
dari bacaan di atas adalah…
a. Energi panas mempunyai banyak manfaat bagi
manusia. |
c. Energi panas dapat
dihasilkan dengan menggunakan matahari. |
b. Energi matahari dapat
menerangi bumi. |
d. Sumber energi panas ada
di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari. |
(IPA
No 9- 12)
9.
Manfaat sumber energi panas
yang berasal dari matahari kecuali…
a. Pembangkit tenaga listrik |
c. Mengeringkan jemuran
pakaian |
b. Menghangatkan ruangan |
d. Menghaluskan pakaian |
10.
Perubahan
suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena
suhu dingin disebut...
a. Pengkristalan |
c.
Penyusutan |
b.
Pencairan |
d.
Pemuaian |
11.
Salah
satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda adalah..
a. Derajat |
c. Kalor |
b. Celcius |
d. Suhu |
12. Perubahan
suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah
volumenya karena terkena kalor atau panas disebut…
a. Penyusutan |
c. Pencairan |
b. Pemuaian |
d. Pembekuan |
(IPS No 13- 16)
13. Dampak
negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam adalah…
a. Kebutuhan manusia terpenuhi |
c. Bertambahnya polusi udara |
b. Sebagai tempat rekreasi |
d. Keaslian alam terjaga |
14. Interaksi manusia yang harus menyesuaikan diri dengan alam
adalah…
a. Membersihkan lingkungan |
c. Menanam padi |
b. Menjaga lingkungan |
d. Hujan buatan |
15.
Interaksi manusia dengan lingkungan yang
kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan
manusia diantaranya, kecuali
a. Kerusakan manusia |
c.
Kebakaran hutan |
b.
Tanah longsor |
d.
Banjir sampah |
16. Interaksi manusia dengan alam
ada yang berdampak baik dan ada yang berdampak buruk. Perilaku masyarakat yang
suka melakukan penebangan hutan hutan liar dapat menyebabkan…
a. Memelihara kehidupan hewan |
c. Tanah longsor |
b. Hutan menjadi subur |
d. Rumah rusak |
(SBdP
No 17- 20)
17.
Tangga nada pada lagu Cublak-
Cublak Suweng adalah…
a. Kromatis |
c.
Slendro |
b.
Melodis |
d.
Pelog |
18. Tangga
nada yang menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do – mi –
fa- sol – si adalah..
a. Kromatis |
c. Slendro |
b. Melodis |
d. Pelog |
19 Gamelan adalah salah satu alat musik yang digunakan untuk
mengiringi lagu-lagu pada tangga nada…
a. Kromatis |
c. Pentatonis |
b. Romantic |
d. Diatonis |
20. Tangga
nada pada lagu Cingcangkeling adalah…
a. Kromatis |
c. Slendro |
b. Melodis |
d. Pelog |
II. Jawablah
pertanyaan di bawah in dengan tepat !
21. Sebutkan
hak dan kewajiban sebagai seorang nelayan!
22. Jelaskan
perbedaan hak, kewajiban, dan tanggung jawab!
(Teks bacaan soal No
23-24)
Perpindahan
Panas atau Kalor
Pernahkah
kamu membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kamu mengapa api kompor dapat memanaskan air dalam panci
sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kamu memasak
sayuran, panas dari api kompor berpindah
ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air
menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa
tersebut membuktikan bahwa panas dapat berpindah.
Letak
matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km
(Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer). Akan tetapi, panas dari matahari dapat
berpindah atau merambat ke
planet
kita sehingga kita dapat merasakan hangatnya sinar matahari. Andai saja panas
matahari tidak dapat berpindah ke bumi, dapatkah kamu membayangkan bagaimana
keadaan bumi kita ini?
Panas
berpindah dari benda yang bersuhu tinggi
ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas dapat berpindah? Panas
dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.
Konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara seperti benda
padat. Contoh konduksi adalah panci
logam yang panas karena diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi
adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan bagian zat
perantaranya. Misalnya, air di
dalam
panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi adalah cara
perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara.
Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari yang sampai ke
bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi.
Sumber : IPA BSE kelas 5, Pusat Perbukuan, 2010
23. Sebutkan
hal- hal penting yang terdapat pada paragraph pertama!
24. Buatlah kesimpulan dari bacaan di atas!
25. Sebutkan
dan jelaskan tiga cara perpindahan (Kalor)!
26. Sebutkan contoh
perpindahan panas (kalor) secara radiasi!
27. Sebutkan interaksi
manusia yang mempunyai dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan!
28. Sebutkan 3 jenis
kebutuhan manusia!
29. Pola
lantai adalah…
30. Sebutkan
macam-macam pola lantai dalam sebuah tarian!
Demikian soal Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 dan 2.
Selamat mengerjakan. Salam sukses.
Posting Komentar untuk "Soal Penilaian Tengah Semester 2 Kelas 5"