Blog itu Apa Sih?

Dalam dunia internet blog sebenarnya termasuk website juga, hanya blog agak sedikit istimewa karena memiliki karakteristik khusus yang tidak dimiliki oleh 'website normal'.

Blog dalam bahasa lain bisa bermakna ‘bercakap-cakap’, karena si pengelola blog seolah-olah sedang bercakap-cakap dengan pembacanya atau bahkan dengan dirinya sendiri (curhat). Bisa jadi banyak pendapat mengenai arti blog. Namun saya mencoba memahami blog berdasarkan karakterisiknya yang unik.

Berikut adalah ciri-ciri blog yang sekaligus menjadi kelebihan dan keunggulan dari blog:
  1. Mudah Cara Membuatnya. Karena sudah ada petunjuk yang jelas dan rinci tentang bagaimana cara membuatnya. Kita hanya perlu mengikuti pertunjuk-petunjuk tersebut. Butuh waktu kurang dari 5 menit saja untuk menciptakan sebuah blog.
  2. Software, domain dan hosting tersedia secara gratis.
  3. Artikel atau tulisannya tersusun berdasarkan urutan postingnya. Posting terbaru biasanya berada diposisi paling atas.
  4. Pembaca blog dapat memberikan respon terhadap tulisan dengan mengisi form komentar yang tersedia.
  5. Tampilan blog dapat dengan mudah diganti atau dirubah.
  6. Pemilik blog bebas menuangkan ide tulisannya dengan bahasanya sendiri tanpa terikat aturan penulisan baku.
  7. Blog bisa dimaksimalkan untuk menghasilkan uang dengan modal kecil bahkan tanpa modal sekalipun. Anda bisa mengikuti program PPC (pay per click) semisal Google Adsense, atau program afiliasi semisal Amazon, dan banyak lagi peluang yang dapat menghasilkan uang melalui blog. Insya Allah akan saya singgung dalam kesempatan lain.

Itulah beberapa karakteristik dan keunggulan blog. Saya yakin masih ada lagi kelebihan blog yang belum bisa saya rinci dalam tulisan kali ini. Setidaknya tulisan ini dapat memberi gambaran bahwa blog memiliki banyak keunggulan yang bisa anda manfaatkan untuk berbagai keperluan.

Ayo Buat blog sekarang, saya aja yang Gaptek bisa. Anda pasti lebih jago, bukan begitu?


Posting Komentar untuk "Blog itu Apa Sih?"