Pembelajaran Kelas 1 SD Ciri-ciri Makhluk Hidup dan Tidak Hidup


Pembelajaran Daring Kelas 1
Entah harus sedih atau gembira saat semua sekolah harus diliburkan untuk kemudian melakukan home learning dan pembelajaran daring (online) dari rumah masing-masing. Kebijakan ini terpaksa diambil guna menyikapi atau meminimalisir dampak dari merebaknya pandemi Corona yang disebabkan virus Covid 19, khususnya di DKI Jakarta dan beberapa wilayah lain di Indonesia.

Sebagai warga negara yang baik, kita harus mendukung apapun bentuk kebijakan yang diambil oleh  pemangku kebijakan. Hal ini tentunya sudah melalui banyak pertimbangan dan survey serta penelitian selama beberapa waktu ke belakang. Semoga kita semua dapat terhindar dari pandemi yang sudah banyak merenggut ribuan nyawa di seantero belahan bumi ini.

Saat ini, saya tidak akan membahas tentang Corona. Namun, pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pembelajaran daring kelas 1 sebagai usaha untuk melakukan home learning. Yang mau tidak mau, suka tidak suka, saya dan teman-teman yang berprofesi sebagai guru harus berjibaku menyiapkan materi-materi pembelajaran yang dilakukan secara daring (online) ini. Hal ini merupakan yang pertama kalinya diadakan karena adanya kejadian luar biasa (KLB) Corona yang sedang mewabah saat ini.

Banyak hikmah yang dapat diambil. Salah satunya adalah kita semua menjadi sama-sama belajar banyak hal tentang apa dan bagaimana pembelajaran daring itu, yang menurut banyak orang ini adalah sesuatu yang baru.

Baiklah, kita mulai pembelajaran hari ini, ya! Silakan disimak video berikut ini!



Tema 7 tentang benda, hewan dan tanaman di sekitarku. Sub tema 1, benda hidup dan tak hidup di sekitarku. Pembelajaran ke-5.

Di sekitar kita, terdapat macam-macam benda, hewan dan juga tanaman. Benda-benda ini dikelompokkan ke dalam jenis benda hidup dan benda tak hidup. Contoh benda hidup antara lain menusia, ayam, kambing, ikan, kelinci dan lain sebagainya. Sedangkan benda tak hidup antara lain meja, kursi, lemari, buku, pensil dan lain sebagainya. Salah satu perbedaan benda hidup dan benda tak hidup adalah, berkembang biak.

Benda hidup dapat berkembang biak. Sementara benda tak hidup tidak dapat berkembang biak. Berkembang biak bertujuan untuk mendapatkan keturunan. Berkembang biak juga untuk memperbanyak jumlah dari benda hidup tersebut. Tujuan berkembang biak agar benda hidup terjaga kelestariannya dan tidak mengalami kepunahan.

Berkembang biak adalah salah satu ciri dari makhluk hidup. Berkembang biak juga merupakan kemampuan yang dimiliki setiap mahluk hidup. Hewan sebagai benda hidup, berkembang biak dengan dua cara. Berikut ini adalah cara hewan berkembang biak;


  1. Bertelur. Jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah beraneka macam jenis burung, ikan, serangga, ular, katak, buaya, dan lain sebagainya.
  2. Melahirkan. Jenis hewan yang berkembang biak dengan cara melahirakan anaknya yaitu, kerbau, sapi, kucing, kijang, anjing, harimau, dan lain sebagainya.

Dalam materi ini, ada beberapa kata baru yang harus dipahami, yaitu:  

  1. Berkembang biak. Menurut KBBI, berkembang biak adalah bertambah banyak. Secara umum, berkembang biak adalah proses makhluk hidup dalam memperbarui keturunannya untuk mempertahankan atau memelihara spesiesnya.
  2. Keturunan, yaitu lahirnya makhluk hidup baru.
  3. Memperbanyak artinya membuat jumlahnya menjadi banyak.
  4. Kelestarian artinya keadaan yang tetap seperti semula atau keadaan yg tidak berubah-ubah.

Oh, iya, siapa sih yang tidak kenal ayam? Ayam adalah salah satu benda hidup yang ada di sekitar kita. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Ayam biasanya bertelur sehari hanya satu butir. Mari menghitung banyaknya telur berikut ini. Perhatikan gambar pada buku tema 7 halaman 36.

Banyaknya telur adalah 47 butir. Telur diletakkan di dalam keranjang besar dan keranjang kecil. Ada 4 keranjang besar dan 7 keranjang kecil. Keranjang besar dianggap sebagai keranjang puluhan. Keranjang kecil dianggap sebagai keranjang satuan. Jadi, 47 = 40 + 7, 47 = 4 puluhan + 7 satuan. 4 menempati tempat puluhan dan 7 menempati tempat satuan. Jika dituliskan dalam nilai tempat adalah seperti berikut, 47 dan 47 ditulis dengan kata-kata empat puluh tujuh.

Untuk memperjelas, silakan menggunakan buku siswa tema 7 tentang benda, hewan dan tanaman di sekitarku. Kerjakan juga latihannya di buku tulis latihan tema.

Selain materi di buku, kita juga dapat menggunakan materi di blog ini sebagai salah satu sumber belajar.

Silakan klik tugas di sini. Langsung dikerjakan dan dikirim ya. Selamat belajar!


7 komentar untuk "Pembelajaran Kelas 1 SD Ciri-ciri Makhluk Hidup dan Tidak Hidup"

  1. Wah keren. Perlu dishare ini.

    BalasHapus
  2. Keran! hehe
    walaupun sebenernya aku gak terima kalau menusia dikatakan benda, hehe. Mungkin aku yg tak tahu klasifikasi jenis ini. Rapi banget ih nulisnya Bu Rusmi ini, asli Keran

    BalasHapus
  3. Hehe..
    Btw, makasih bu..

    BalasHapus
  4. Mantap Bu .syafik SD 22

    BalasHapus
  5. jadi inget-inget materi waktu sekolah dulu :D

    BalasHapus
  6. Wah, bisa di share ke tetangga sebelah yang anaknya SD

    BalasHapus