Kesan dan Pesan ODOP Batch 7

ODOP Batch 7
ODOP Batch 7
Sudah hampir dua bulan terakhir, tiap malam saya tidak bisa tidur sebelum melakukan kegiatan yang satu ini. Bukan karena insomnia atau pun keluhan lainnya. Apakah gerangan yang sedang terjadi? Ketika setiap hari ada sesuatu hal yang harus diselesaikan, itu rasanya gimana gitu! Mau makan tidak enak, tidur tidak nyenyak, seperti ada yang mengganjal. Dan kalau sudah ditunaikan, itu rasanya plong sekali, lega! Yah, inilah suntikan semangat baru dari ODOP batch 7

Di tengah kesibukan dan rutinitas harian sebagai ASN di bidang pendidikan, meluangkan sedikit waktu untuk pengembangan diri dan mengasah kemampuan, utamanya dalam hal tulis menulis di ODOP batch 7 ini adalah ‘sesuatu’. Saat memutuskan untuk bergabung, saya tau konsekuensinya. Harus rela bercapek-capek ria, kurang tidur dan minim istirahat. Ih, lebay deh!

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersusah susah dahulu, besenang-senang kemudian. Peribahasa ini barangkali tepat bagi saya. Setiap hari di challenge oleh ODOP batch 7 untuk membuat beraneka macam jenis tulisan, untuk kemudian diposting ke dalam blog pribadi kita. Dengan berbagai kondisi yang silih berganti, dengan kendala yang dihadapi, akhirnya dengan senang hati, bisa juga melewati semua tantangan yang diberikan sampai waktu terakhir ini.

'Ala bisa karena biasa. Ala biasa karena dipaksa.' Dipaksa meluangkan waktu oleh ODOP batch 7 untuk menulis dan posting di blog, akibatnya adalah, seperti ada yang kurang ketika tidak menulis untuk kemudian diposting. Dan menurut saya ini sangat positif. Karena dengan begitu, saya jadi termotivasi untuk terus menuangkan coretan-coretan tentang banyak hal. Harapannya, semoga tulisan yang ‘remeh temeh’ ini bisa memberikan pencerahan, bisa menginspirasi banyak orang, sehingga bisa memberikan manfaat, dan menjadi amal jariyah.

Pastinya, senang sekali bisa bergabung di ODOP (one day one post) batch 7 ini. Bisa bersilaturahmi dengan teman-teman lintas usia, listas profesi, lintas kota, pulau, bahkan negara. Di sini kami semua mendapatkan ilmu dan pengalaman yang luar biasa dari para PJ keren. Mereka dan semua pemateri yang dihadirkan sangat baik, senang berbagi ilmu, dan memberikan banyak inspirasi bagi kami. Mereka adalah orang-orang hebat yang mumpuni di bidang literasi dan dunia tulis menulis.

Dengan mengikuti ODOP batch 7 ini, saya jadi punya pengalaman membuat tulisan, yang terus terang, belum pernah saya lakukan sebelumnya. Diantaranya adalah menulis cerita pendek (cerpen), cerita bersambung (cerbung), puisi, resensi, review tempat wisata, menulis biografi hingga menceritakan kembali sebuah cerita rakyat dengan imajinasi sendiri, yang isi cerita dan endingnya berbeda dengan cerita aslinya. Wow banget kan?! Sementara selama ini, tulisan yang biasa saya publish berupa artikel saja.

Harapan saya, semoga ke depannya ODOP semakin sukses dan berkembang. Bisa memberikan cahaya edukasi yang mencerahkan bagi perkembangan kepenulisan, sekarang, nanti, hingga di masa yang akan datang. Hingga tercipta karya-karya luar biasa yang lahir dari orang-orang biasa seperti saya.

Melalui tulisan ini, ijinkan saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tak terhingga untuk semua yang telah berkontribusi di komunitas ODOP batch 7 ini. Karenanya, saya seperti mendapat suntikan semangat baru dari ODOP batch 7. Hanya Allah SWT saja yang bisa membalas kebaikan kalian semua. Semoga tetap terjalin silaturahmi di antara kita, dan mohon dimaafkan atas segala kekurangan saya sebagai peserta.

2 komentar untuk "Kesan dan Pesan ODOP Batch 7"

  1. Aamiin ya rabbal'alamin. Selamat bergabung sebagai anggota keluarga baru di komumitas ODOP Cikgu. Terima kasih kontribusinya selama ini khususnya di Adelaide. You're the best for us.

    BalasHapus
  2. Em kita pasti kangen masa-masa Ngodop ya kak #Slepifebrn

    BalasHapus