Guru Yang Berkarakter

Guru Yang Berkarakter
Guru Yang Berkarakter

Sebagai penentu kemajuan suatu bangsa, pendidikan diharapkan dapat menjadi kunci pencetak sumber daya yang berkualitas serta memiliki daya saing tinggi. Oleh karenanya, perlu upaya peningkatan dalam Standar Nasional Pendidikan, yaitu standar kompetensi lulusan, muatan kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana-prasarana, pengelolaan dan pembiayaan.

Saat ini, seharusnya pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang utama bagi masyarakat. Karena melalui pendidikan, status sosial masyarakat diharapkan dapat berubah. Namun pada kenyataannya, pendidikan hanya dianggap sebagai formalitas belaka. Sehingga banyak di antara masyarakat menganggap pendidikan hanya sebatas sekolah yang dimulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Padahal hakikatnya, pendidikan sudah dimulai sejak manusia lahir ke dunia hingga akhir hayatnya kelak.

Di jaman serba modern ini, di saat teknologi sudah semakin canggih, media belajar online sudah menjamur, maka muncul pertanyaan, “Masih perlukah hadirnya seorang guru?” Utamanya guru profesional, yang kuat dan juga cerdas. Toh, kenyataannya, sekarang ini akses belajar sangat terbuka luas. Kapan saja dan dimana saja seseorang bisa dengan mudah belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan secara lengkap dan atraktif, dengan menggunakan metode dan alat yang canggih, yang membuat seseorang menjadi lebih paham dan mudah menerima pembelajaran tersebut. Tinggal pilih, bidang apa yang kita minati, semua lengkap tersedia tutorialnya.

Tinggal klak klik menggunakan jari jemari, kita sudah bisa berselancar mereguk hidangan informasi yang begitu tersedia secara luas dan lengkap. Baik melalui laman goggle, youtube, facebook, ebook serta video ataupun materi pembelajaran yang dapat dishare melalui whatsapp dan telegram, juga media online lainnya.

Jadi, apakah pertanyaan tersebut di atas, tentang masih perlukah seorang guru profesional saat ini perlu diajukan? Memang, untuk sebagian orang mungkin akan berpikir, benar juga ya! Sekarang ini, untuk belajar sepertinya tidak butuh seorang guru, bisa dilakukan sendiri, tidak perlu capak-capek hadir ke sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Cukup tinggal di rumah, sambil santai tanpa adanya aturan sekolah yang harus dipatuhi.

Namun, sebagian yang lain berpendapat sebaliknya. Dalam belajar tetap dibutuhkan hadirnya seorang guru. Guru yang profesional, yang kuat dan juga cerdas. Karena kenyataannya, ada hal-hal yang dari seorang guru ini, tidak dapat digantikan dengan teknologi secanggih apapun.

Lalu muncul pertanyaan, guru yang bagaimanakah yang saat ini masih dibutuhkan kiprahnya di dunia pendidikan? Yang sosoknya begitu dirindukan? Yang karyanya dinantikan? Yang bisa menjadi agen perubah peradaban, yang membentuk manusia tidak hanya bagus intelektualnya, tapi juga indah adab dan karakter serta pribadinya. Sehingga karenanya, akan muncul generasi –generasi handal yang siap terjun dan berkiprah di masyarakat. Memberikan solusi bagi permasalahan kehidupan yang semakin kompleks. Untuk menjadi guru yang profesional, diantaranya harus menjalani Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Seorang guru, haruslah pribadi yang berkarakter tidak hanya cerdas, namun juga ia harus kuat. Di tengah kondisi bangsa yang masih belum jelas arahnya, dengan krisis multi dimensi yang menggerogoti tubuh bangsa ini, guru sebagai  penggerak pendidikan setidaknya bisa berperan sebagai penyejuk yang memberikan harapan tercerahkannya masa depan bangsa ini. Dengan sinergi yang menggabungkan peran dan fungsinya, diharapkan dapat berevolusi secara maksimal untuk tercapainya tujuan nasional.

Pribadi yang diharapkan dari seorang guru yang kuat dan cerdas, bukanlah guru yang semata hanya memiliki fisik yang sehat dan kuat, yang tampil memesona dan juga tampak pandai. Namun lebih dari itu. Seorang guru yang berkarakter kuat, harus juga memiliki jiwa keteladanan, kepribadian yang utuh, matang, dewasa, berwibawa, berbudi pekerti luhur, bermoral baik, dan penuh tanggung jawab. Serta memiliki keteguhan atau ketetapan hati untuk berjuang membangun dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia seutuhnya.

Guru juga harus kuat dalam menjalani  tugas–tugas yang diembannya. Tidak mudah terpengaruh pada kondisi yang dapat mengakibatkan dirinya ke luar dari jalur yang seharusnya, yaitu jalan perjuangan untuk mendidik generasi yang gemilang layaknya bintang.

Selain kuat, guru juga harus cerdas dan melek teknologi. Artinya, ia harus memiliki kemampuan untuk melakukan terobosan dan pemikiran yang mampu menyelesaikan masalah dan melakukan perkembangan-perkembangan untuk menuju tercapainya tujuan pendidikan nasional, yaitu membangun manusia seutuhnya, baik dari segi intelektual maupun moral.

Oleh karena itu, keberadaan dan kehadiran seorang guru sangatlah penting. Ia berperan sebagai  kunci dalam proses pembelajaran, yang tidak dapat digantikan oleh teknologi secanggih apapun. Guru profesional, yang memiliki karakter kuat dan cerdas merupakan suatu kebutuhan, sampai kapan pun. Pembentukan karakter siswa melalui guru yang memiliki karakter yang kuat dan juga cerdas ini, akan menciptakan sumberdaya manusia yang merupakan pencerminan bangsa yang berkarakter kuat, cerdas dan yang paling penting adalah berbudi pekerti  luhur.

Dengan guru yang berkarakter, semoga dunia pendidikan di Indonesia dapat semakin maju mengejar ketertinggalan.

#SquadBloggerODOP


8 komentar untuk "Guru Yang Berkarakter"

  1. Tantangan seorang guru sekarang memang sangat luar biasa. Apalagi untuk membentuk karakter generasi masa depa. Perlu kesadaran orang tua juga bahwa tanggung jawab pendidikan anak bukan 100% di tangan guru melainkan lebih besar di tangan orang tua. Btw, tulisannya keren mbak, padat bergizi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba Nurul, terima kasih ya..

      Hapus
  2. Assalamualaikum Kak. Pian dapat Liebster Award dariku

    https://mzaini30.com/welcome-to-liebster-award-0125.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.. matur nuwun mas zen.. Terus, sy harus apa mas? hehe

      Hapus
  3. Bener banget mba. Guru itu nggak cukup hanya sebatas paham ilmu dan bisa ngajar. Tapi harus juga melek teknologi agar mampu memberikan ilmu dengan lebih baik sesuai perkembangan zaman

    BalasHapus
  4. Guru tidak hanya mengajarkan ilmu, tapi juga memberikan arahan dalam bersikap dan hal lain yang bermanfaat. Karena itu kehadirannya akan selalu dibutuhkan.

    BalasHapus
  5. Siap mba, terimakasih ya..

    BalasHapus