Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ukuran Dan Permukaan Benda

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ukuran Dan Permukaan Benda
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo studens, how are you today? Semoga selalu sehat, bahagia serta senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Sudahkah bersyukur hari ini? Alhamdulillah. Atas nikmat yang telah Allah SWT berikan, kita patut mengucapkan terimakasih ya. Dengan bersyukur dan mengucap alhamdulillah, maka Allah akan tambahkan nikmatnya buat kita semua. Asyikkan. Jadi banyak-banyaklah bersyukur. 

Sudah siap menerima pembelajaran pagi hari ini? Jangan lupa kita berdoa terlebih dahulu ya, agar pembelajaran kita senantiasa diberikan kemudahan dan diberkahi oleh Allah SWT. Bismillah. Materi kita kali ini adalah pembelajaran kelas 1 tentang ukuran dan permukaan benda.

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ukuran Dan Permukaan Benda

Oh iya, siapa di antara kalian yang pernah berkunjung ke taman bermain? Wah semuanya sudah pernah. Asyik sekali ya, bisa bermain bersama teman-teman.

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Permukaan Benda

Hai, lihat! Lani dan Siti sedang bermain seluncur. Mengapa Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik? Ada yang tau? Iya benar, Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik karena permukaan papan seluncur halus. Ternyata di sana ada juga Edo dan Beni yang sedang bermain pasir. Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir. Siapa yang pernah pegang pasir? Bagaimana rasanya? Betul sekali, permukaan pasir kasar. Setiap benda, memiliki permukaan yang berbeda-beda, loh. Ada yang permukaan kasar dan ada juga yang halus. Ayo, kita amati gambar-gambar di bawah ini! Kalian pernah menyentuh dan memegangnya? bagimana rasanya? Iya benar, ada yang permukaannya halus dan lembut, namun ada juga yang keras dan kasar.

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ukuran Dan Permukaan Benda


Sekarang, ayo amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Adakah benda yang permukaannya kasar? Adakah benda yang permukaannya halus? Tulis di buku latihanmu ya, benda apa sajakah itu!

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ukuran Dan Permukaan Benda


Kemudian, buatlah lima kalimat untuk membandingkan dua buah benda. Gunakan kata-kata benda yang kamu miliki. Contoh: Permukaan baju halus, tetapi permukaan batu bata kasar. Buat seperti contoh ya!

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ukuran Dan Permukaan Benda

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ciri-Ciri Benda  

Selanjutnya, ayo ajak ayah, ibu, kakak, dan adik di rumah untuk bermain tebak-tebakan. Siapkan beberapa benda yang ada di rumahmu. Masukkan dalam dus. Tutup matamu lalu raba benda-benda tersebut dengan tanganmu. Dapatkah kamu merasakan permukaan benda tersebut? Kemudian sebutkan apakah nama benda tersebut.

Oke, sudah, bagaimana? Apakah kamu dapat menebak semua benda yang ada dalam dus? Bagaimana cara kamu mengetahuinya? Ya, cara kita mengenali benda bisa dengan meraba permukaan atau  bentuknya. Ada benda yang memiliki permukaan halus. Ada pula benda yang memiliki permukaan kasar. Bentuk permukaan benda juga berbeda-beda. Ada yang berbentuk segitiga dan segi empat. Ada juga yang berbentuk lingkaran. Berikut adalah contoh ciri-ciri sebuah benda yang bernama bola.

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ukuran Dan Permukaan Benda
Bentuk permukaannya adalah lingkaran. 
Terbuat dari bahan karet. 
Jika udara dalamnya berkurang, maka ia akan mengempis. 
Benda apakah aku?

Cobalah membuat kalimat tebak-tebakan seperti di atas. Tuliskan ciri-ciri benda yang kamu maksud. Jangan disebut nama bendanya ya. Sampaikan kepada ayah, ibu, kakak atau adikmu. Mintalah mereka untuk menebak benda tersebut. Oke!

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ukuran Dan Permukaan Benda

Benda memiliki ciri dan kegunaan yang berbeda-beda. Ciri dan kegunaan benda berkaitan dengan bahan benda. Ada benda yang terbuat dari karet, kaca, atau kertas. Ada juga benda yang terbuat dari kayu, logam, kain, atau plastik. Tahukah kamu terbuat dari apa benda di bawah ini? Adakah bahan benda lainnya? Coba sebutkan.

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ukuran Dan Permukaan Benda

Pembelajaran Kelas 1 Tentang Kegunaan Benda

Lalu, diskusikan bersama orangtuamu hal-hal berikut ini. Mengapa jendela terbuat dari kaca? Mengapa rumah tidak dibuat dari kertas? Mengapa kursi dibuat dari kayu atau plastik? Isilah tabel di bawah ini dengan benar!



Kita harus berhati-hati menggunakan benda. Benda yang terbuat dari kaca mudah pecah. Gunakan benda tersebut dengan hati-hati, ya.

Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan





Dari pembahasan di atas, ada beberapa pernyataan dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan yang memiliki keterkaitan atau hubungan. Seperti dijelaskan di bawah ini. 


Untuk lebih jelasnya, coba kalian selesaikan tantangan berikut ini ya!






Sekarang, kita berlatih berhitung, yuk! 


 
2. Perhatikan gambar berikut.


3. Cobalah membuat dua soal pengurangan. Mintalah kakak, adik atau saudaramu untuk menyelesaikannya.



Oh iya, jika kalian menggunakan benda di sekitar harus hati-hati, ya.  Karena jika tidak berhati-hati dapat membahayakan keselamatan diri kita sendiri dan orang lain.

Demikian pembelajaran kita hari ini, pembelajaran kelas 1 tentang ukuran dan permukaan benda semoga bermanfaat. Tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu bahagia!

2 komentar untuk "Pembelajaran Kelas 1 Tentang Ukuran Dan Permukaan Benda"

  1. Sangat bermanfaat Bu Guru. Bagi ibu2 yg punya anak kelas 1 di rumah, materinya cocok banget nih digunakan untuk mengisi kelas home schollingnya. Biar anak2 tetap belajar meski #dirumahaja.

    BalasHapus
  2. Segi panjang berukuran aga besar

    BalasHapus