Manfaat Berenang Yang Bikin Nagih

Panas-panas gini berenang? Wah, senangnya! Ketika mengajak anak-anak untuk berenang, nampak kegembiraan di wajah mereka.  Renang merupakan olah raga yang mengasyikkan. Selain bikin sehat juga bikin langsing loh! Walaupun cuaca cukup terik, anak-anak seperti tidak memperdulikannya. Tetap segar, tidak merasa kepanasan dan gerah. Hal ini karena renang  tidak membuat badan berkeringat.

Olah raga yang nyunah (sesuai sunnah) selain berkuda dan panahan ini, sangat menyehatkan karena semua anggota tubuh kita bergerak. Jika olah raga ini rutin dilaksanakan akan bisa membuat badan kita selalu fit dan sehat. Banyak ragam gaya berenang, diantaranya gaya bebas, gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Ada juga renang indah atau renang sinkronisasi, yaitu olahraga yang memadukan unsur-unsur renang, senam, dan tari. Selain indah, pastinya lebih menyehatkan.

Populernya olah raga ini, membuat renang menjadi olah raga yang digemari. Berikut adalah 3 pengaruh manfaat renang bagi tubuh.

A. Pengaruh bagi fisik. Dengan renang, fisik akan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Perubahan tersebut adalah:

1. Bentuk tubuh menjadi ideal. Berenang merupakan pilihan tepat bagi yang menginginkan tubuh ideal. Dengan berenang, postur tubuh yang kurang ideal bisa diperbaiki dengan berenang. Bagi yang mau langsing atau cepat kurus, sering-seringlah berenang. Hal ini dikarenakan saat berenang seluruh anggota tubuh bergerak sehingga kalori dapat terbakar dengan sendirinya.
2. Insyaalloh Panjang Umur. Berenang dapat memanjangkan usia,  karena dengan renang, fisik akan tetap bugar di usia senja.
3. Mendapatkan otot dan tulang yang kuat. Otot yang kuat akan terlihat dari postur tubuh. Perlahan, bentuk tubuh akan semakin atletis karena otot yang terbentuk sempurna.
4. Dapat meninggikan badan. Jika ingin memiliki tubuh yang tinggi, salah satu aktivitas yang bisa kita lakukan adalah berenang. Oleh karena itu, ajarkan anak-anak sejak kecil untuk berenang.


B. Pengaruh bagi psikis. Ternyata, renang juga dapat mempengaruhi psikis seseorang. Diantaranya dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Meredakan stres. Pernahkah kita merasakan, ketika tubuh mulai bersentuhan dengan air, semakin lama suasana hati menjadi lebih senang bukan? Dengan berenang, badan kita banyak bergerak. Hal ini mampu menghilangkan stres dan merangsang hormon endorfin yang akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan bahagia.
2. Berenang bisa membuat otak menjadi lebih cerdas. Hal itu karena berenang membantu mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak dan mendorong pertumbuhan sel otak baru.


C. Pengaruh bagi kesehatan. Sudah sangat jelas dan pasti, bahwa sedikit banyak renang akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Manfaat renang bagi kesehatan antara lain:

1. Meredakan radang sendi. Kadang, saat kelelahan, kita akan merasakan ada ketidaknyamanan di tulang belakang. Dengan latihan berenang secara rutin, akan mampu mengurangi masalah tersebut.  Penderita nyeri sendi atau arthritis bisa memilih olahraga ini agar tetap sehat.
2. Dapat memulihkan cidera otot. Gerakan saat berenang mampu memperkuat otot dan membuatnya menjadi semakin kencang. Jadi, jika kita cidera otot maka salah satu alternatif pemulihannya adalah dengan berenang. Oleh karenanya, banyak sekali atlet olahraga yang cidera lalu berenang untuk memulihkannya.
3. Berenang mampu melatih napas menjadi lebih kuat dan panjang serta dapat menyehatkan jantung. Hal ini karena gerakan saat berenang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru, dan pembuluh darah menjadi lebih lancar sehingga nantinya akan meningkatkan sistem pernapasan. Dengan begitu, bagi penderita asma, renang juga dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan kontrol pernapasan.
4. Bisa menurunkan risiko diabetes. Ternyata, manfaat berenang lainnya adalah mampu menurunkan risiko diabetes. Hal ini dikarenakan berenang mampu membakar kalori, lemak dan gula, sehingga kita pun akan terbebas dari diabetes.
5. Berenang juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pasalnya, ketika berenang, khususnya gaya kupu-kupu detak jantung akan meningkat dan menguatkan fungsi jantung.
6. Bagi wanita hamil, bisa menjaga janin tetap sehat. Sebab, saat hamil tubuh akan menanggung beban tambahan dan ketika berenang maka ada persendian yang bebas beban akibat mengapung.
7. Memperbaiki kualitas tidur. Sulit tidur bisa diatasi dengan olahraga berenang karena aktivitas ini bisa membantu seseorang meningkatkan kualitas tidurnya menjadi lebih nyaman.
8. Kadar kolestrol menjadi seimbang. Aktivitas berenang dapat menjaga keseimbangan kadar kolestrol. Artinya, berenang bisa mengurangi kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik.

Demikian manfaat dari renang yang dapat kita peroleh. Salam olah raga. Tetap semangat dan semoga bermanfaat ya..



Posting Komentar untuk "Manfaat Berenang Yang Bikin Nagih"