Tujuh Langkah Menjadi Pribadi Sukses

Apa yang menjadi tujuan hidup bagi seseorang saat ini? Yup, ingin menjadi orang yang sukses. Bagaimanakah caranya? Sangat mudah, yang penting kesungguhan dalam melakukannya. Jika tidak bersungguh-sungguh, jangan berharap sukses itu akan datang dengan sendirinya.

Sebenarnya, apa sih definisi sukses itu? Seringkali, sukses diukur dengan banyaknya harta, tingginya kedudukan seseorang ataupun menjadi orang yang terkenal. Memang tidak salah, namun tidak sepenuhnya benar.

Sukses adalah meraih apa yang menjadi impian, sasaran, target maupun cita-citanya. Jadi, kesuksesan seseorang tidak serta merta diukur dari materi dan kedudukan saja. Jika seseorang  mempunyai impian untuk menulis buku solo, dan buku tersebut terbit, maka ia bisa dikatakan sukses.

Atau seorang ibu pekerja kantoran, ingin sekali menjadi ibu yang mengurus dan mendidik anaknya sendiri di rumah, lalu sang ibu resign untuk mewujudkan cita-citanya tersebut, maka ibu tersebut bisa dikatakan menjadi orang yang sukses.

Menurut saya, sukses itu bukanlah akhir dari suatu perjuangan. Namun merupakan langkah awal dalam usaha meraih kesuksesan yang lainnya. Untuk menjadi pribadi yang sukses, berikut langkah-langkah yang harus diupayakan;

Pertama, bersyukur.
Bersyukur menjadi hal yang harus dilakukan pertama kali. Apapun kondisi kita saat ini, harus senantiasa disyukuri. Sesuai janji Allah SWT dalam Al Quran QS Ibrahim: 7, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka akan Ku tambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka adzab-Ku sangat berat.” Jadi, penting sekali sebagai langkah awal untuk menuju sukses adalah bersyukur. Agar Allah SWT senantiasa menambah nikmat kita berupa kesuksesan-kesuksesan yang lainnya.

Kedua, yakin dalam hati.
Keyakinan adalah separuh jalan meraih kesuksesan.  Tanamkan dalam diri dan pikiran kita bahwa kita mampu meraih apa yang kita impikan. Bercermin dan mengafirmasi diri dengan kata-kata positif akan menguatkan keyakinan kita akan kemampuan diri meraih impian dan cita-cita kita. Jika orang lain bisa, maka kita pun dapat meraihnya.

Ketiga, tetapkan target dan sasaran.
Ibarat kita hendak menuju suatu tempat, tetapkan terlebih dahulu tujuannya. Fokus terhadap sasaran yang hendak dicapai. Sebelumnya, tentukan yang menjadi prioritas jika sasarannya lebih dari satu. Target atau sasaran harus spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan dan ada jangka waktu pencapaiannya.

Keempat, membuat perencanaan.
Yaitu mengidentifikasi serta tidak lupa menuliskan langkah-langkah menuju sasaran tersebut. Jadi, harus dibuat rencana tindakan terlebih dahulu. Catatan rencana tindakan tersebut diletakkan di tempat yang mudah terlihat agar tidak lupa.

Kelima, bertindak.
Setelah kita buat rencana tindakan, masukkan ke dalam to do list harian. Buat sesuai prioritas yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

Keenam, mengkaji ulang.
Dengan mengkaji ulang, kita dapat mengetahui apakah yang kita lakukan sudah sesuai dan benar dengan yang seharusnya, atau malah sebaliknya. Cara mengkaji ulang adalah dengan membandingkan pencapaian dengan rencana tindakan. Jika terjadi kesalahan, harus segera dicari tau penyebabnya.

Ketujuh, tindaklanjuti.
Masalah yang ditemukan, ditindaklanjuti untuk dicarikan solusinya. Dengan menindaklanjuti sebuah masalah yang ditemukan secara dini, maka tindakan kita akan menjadi lebih produktif dan fokus. Sehingga pencapaian sukses dapat dengan mudah diraih.

Demikian tujuh langkah menjadi orang sukses. Semoga bermanfaat..

4 komentar untuk "Tujuh Langkah Menjadi Pribadi Sukses"

  1. Alhamdulillah jadi masukan buat sy

    BalasHapus
  2. Wah, bermanfaat sekali bagi saya yang masih anak kemarin sore

    BalasHapus