Menjadi Guru Yang Kompeten

Yang dimaksud dengan guru  yang kompeten adalah guru yang profesional. Yaitu guru yang menguasai empat kompetensi. Seperti tercantum dalam Peraturan Pemerintah no. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Selain itu, seorang ahli bernama Suyatno (2008: 15 -- 17) menuturkan bahwa, guru dengan predikat profesional ini memiliki empat bidang kompetensi, yaitu: (a) Kompetensi Pedagogik; (b) Kompetensi Kepribadian; (c) Kompetensi Sosial; dan (d) Kompetensi Profesional.

1. Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi yang merupakan kompetensi khas, yang membedakan guru dengan profesi lainnya ini terdiri dari 7 aspek kemampuan, yaitu mampu mengembangan kurikulum, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran, mengenal karakteristik anak didik, kegiatan pembelajaran yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, penilaian dan evaluasi pembelajaran

2. Kompetensi Kepribadian
Merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap dan stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, serta menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Kepribadian yang mantap dan stabil memiliki indikator esensial: (a) bertindak sesuai dengan norma hukum; (b) bertindak sesuai dengan norma sosial; (c) bangga sebagai guru; (d) memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai norma. Sementara, kepribadian yang dewasa memiliki indikator esensial: (a) memiliki kemandirian dalam bertindak; dan (b) memiliki etos kerja sebagai guru.
Seorang guru juga musti memiliki kepribadian yang arif, yang indikator esensialnya antara lain: (a) menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan peserta didik, sekolah, dan masyarakat; (b) menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak. Juga Kepribadian yang berwibawa, yang indikator esensialnya adalah: (a) memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik; dan (b) memiliki perilaku yang disegani.
Termasuk di dalamnya berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan, indikatornya sebagai berikut: (a) bertindak sesuai dengan norma religius (iman dan taqwa, jujur, ikhlas, suka menolong); dan (b) memiliki perilaku yang diteladani peserta didik.

3. Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial  seorang guru bisa dilihat dari apakah guru tersebut bisa bermasyarakat dan bekerja sama dengan peserta didik serta guru-guru yang lainnya ataukah tidak. Kompetensi sosial yang harus dikuasai guru ini meliputi; berkomunikasi lisan dan tulisan, menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional, bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar, bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia, menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan, serta dapat menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga menjadi guru.

4. Kompetensi Profesional
Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam mengikuti perkembangan ilmu terkini karena perkembangan ilmu yang selalu dinamis. Kompetensi profesional yang harus terus dikembangkan guru dengan belajar dan tindakan reflektif. Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang meliputi; konsep, struktur, metode keilmuan/teknologi/seni yang menaungi/koheren dengan materi ajar, materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah, hubungan konsep antar pelajaran terkait, penerapan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari, serta kompetensi secara profesional dalam konteks global dengan tetap melestarikan nilai dan budaya nasional.

Dengan menguasai empat kompetensi di atas, diharapkan seorang guru bisa menjadi agen perubahan, sehingga tujuan nasional pendidikan dapat dengan mudah dicapai.

5 komentar untuk "Menjadi Guru Yang Kompeten"

  1. Saved. perlu tak kirim ke temen-temen yang berprofesi sebagai guru nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga mba Isnania.. Hatur Nuhun..

      Hapus
  2. Waah materi yang dibuthkan nih disemester 5 hhi. Masyallah terimakasih kak ilmunya. Hehe

    BalasHapus
  3. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus