6 Tips Agar Belajar Menjadi Efektif

6 Tips Agar Belajar Menjadi Efektif
Di tulisan sebelumnya, ada lima 5 tips belajar efektif yang telah dipaparkan. Pada tulisan kali ini, saya tambahkan 6 tips penunjang lainnya agar belajar menjadi lebih efektif lagi. Berikut rinciannya,

1. Setiap belajar, biasakanlah minum air putih
Ketika kita sedang belajar, bukan hanya fisik yang lelah, namun juga pikiran. Tubuh dan otak akan terus bekerja dan memerlukan oksigen yang sangat banyak selama beraktivitas. Jika otak yang kita miliki kekurangan asupan oksigen, maka akan menimbulkan keluhan seperti kelapa pusing, mata lelah dan lebih cepat mengantuk. Untuk itu, kita membutuhkan asupan energi yang cukup besar, yang dapat kita peroleh dari air putih atau air mineral yang kita minum. Sehingga kelesuan pikiran dan kurangnya konsentrasi akibat kelelahan akan kembali pulih.

2. Lupakan model belajar sistem kebut semalam
Jika kita mengharapkan hasil belajar yang bagus, saat akan menghadapi ujian, janganlah belajar secara berlebihan. Jika hal tersebut dilakukan, belajar hanya pada saat akan ujian saja, maka lihatlah akibatnya. Saat ujian berlangsung, kita seperti tidak siap menghadapinya. Grasa-grusu, resah, gelisah. Dan berdampak pada munculnya perasaan grogi dan merasa tertekan. Hal ini akan menimbulkan imbas pada reaksi tubuh seperti mual, sakit perut dan kepala pusing.

Baiknya, terapkanlah disiplin belajar sejak dini. Agendakan kegiatan belajar setiap hari minimal dua jam saja. Waktu tersebut bisa digunakan untuk membaca buku atau sekedar mengulang pelajaran di sekolah. Sehingga akan lebih mudah otak kita mencerna dan memahami setiap pelajaran yang diberikan.

3. Biasakan belajar sambil berdiskusi
Berdiskusi adalah salah satu proses belajar yang efektif. Karena dengan berdiskusi, akan ada tanya jawab terkait soal-soal sulit yang tidak kita pahami.  Di dalam sebuah diskusi, pertanyaan dan jawaban  mudah untuk dilontarkan. Suasana menjadi aktif dan segar. Dari hasil diskusi, kita bisa dapatkan jawaban-jawaban dari hasil pemikiran teman diskusi kita, sehingga bisa menambah pengetahuan dan cakrawala berpikir dari sudut pandang yang berbeda.

4. Melakukan sesuatu untuk belajar
Dengan metode belajar learning by doing, maka pembelajaran yang kita lakukan menjadi lebih bermakna dan semakin mudah memahami pelajaran. Sambil belajar, kita juga sambil melakukan. Di sini otak akan langsung merekam dengan cepat karena sambil dicerna secara visual sehingga otak akan berhasil mengingat dengan cepat dan lebih ‘lengket’.
Hal penting yang perlu diperhatikan adalah, sedikanlah alat peraga untuk pelajaran. Bisa berupa gambar, vidoe, film ataupun media audio visual lainnya.

5. Dipahami, bukan dihapal
Untuk mengingat pelajaran biasa yang dilakukan seseorang adalah menghapal. Namun, ini berhasil hanya pada pelajaran tertentu saja. Selebihnya akan lebih mudah mengingat jika dibarengi dengan aktifitas yang lainnya seperti mendengar, menonton, dan melakukan. Sehingga akan menjadi  lebih efektif dan maksimal hasilnya.
Jadi, untuk membangun konsep berpikir dan mengingat dengan jangka waktu yang lama, kita harus paham terlebih dahulu. Karena dengan memahami pelajaran kita telah menghemat banyak waktu.

6. Budayakan bertanya
Sebuah pepatah kuno yang menyatakan, ‘malu bertanya, sesat di jalan’ ini memang ada benarnya. Seseorang yang tidak tau, untuk menjadi tau, maka jalan terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan bertanya.  Bertanya bisa dengan siapa saja. Teman, guru, orang tua, orang yang ahli, atau bahkan orang lain yang tidak kita kenal sekali pun.  Dengan bertanya, kita bisa mengeksplore info-info yang kita tidak tau sebelumnya. Sehingga akan bertambah pengetahuan dan wawasan kita. Dan yang paling penting adalah kita tidak akan sesat di jalan.

Nah, itulah 6 tips tambahan agar belajar menjadi efektif. Semoga bisa mencerahkan.

2 komentar untuk "6 Tips Agar Belajar Menjadi Efektif"