5 Tips Belajar Efektif

5 Tips Belajar Efektif
5 Tips Belajar Efektif
Tentang orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam belajar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda, “Dua orang yang rakus dan tidak pernah kenyang yaitu, (1). Orang yang rakus terhadap ilmu dan tidak pernah kenyang dengannya. (2) Orang yang rakus terhadap dunia dan tidak pernah kenyang dengannya." (Al –Baihaqi)

Persamaan orang yang senantiasa haus akan ilmu dan orang yang senantiasa haus dunia, ibarat seseorang yang meminum air laut, tidak akan pernah bisa memuaskan rasa harusnya. Semakin direguk, akan semakin bertambah hausnya.  Tidak akan pernah puas. Selalu ingin lagi dan lagi.

Namun demikian, akan berbeda kedudukan mereka di sisi Allah SWT. Orang yang berilmu lebih tinggi derajatnya. Hidupnya lebih mulia. Terlebih apabila ilmu yang dipelajari adalah ilmu agama dan ilmu akhirat.

Untuk memperoleh hasil yang baik  dan meraih kesuksesan dalam menuntut ilmu, seseorang  harus bersungguh-sungguh dalam belajar. Tidak ada kata malas dalam kamus kehidupannya. Apa pun dijalani dengan penuh tanggung jawab.  Ia sangat yakin bahwa belajar adalah suatu perbuatan yang sangat mulia. Dan untuk mencapainya, tidaklah cukup dengan  berdoa saja melainkan juga harus dengan kerja keras.

Berikut ini saya tuliskan 5 tips belajar efektif agar hasil belajarnya bisa lebih maksimal.

1. Temukan tempat yang nyaman
Tempat yang nyaman tidak harus luas dan mewah. Hal ini sangat relatif, tergantung dengan suasana hati. Suasana yang nyaman akan membantu otak bekerja lebih prima. Ketika pikiran sudah nyaman maka hati akan turut senang. Sehingga belajar akan terasa tenang, dan ilmu pengetahuan pun menjadi mudah diterima.

2. Tentukan waktu belajar yang baik dan tepat
Jika sudah menemukan tempat yang nyaman, berikutnya adalah temukan waktu yang efektif. Biasanya, setiap bangun pagi, dan sore hari setelah tidur siang. Kedua waktu ini terbilang efektif dalam menimba ilmu. Karena dikedua waktu inilah terbukti  di mana pikiran akan tenang dan suasananya sangat nyaman sehingga membuat kita lebih  mudah memahami setiap pelajaran.

3. Pilih metode belajar yang sesuai
Ibarat rumah yang memiliki banyak pintu, untuk masuk ke dalamnya, kita bisa masuk melalui pintu mana saja. Bisa melalui pintu depan, belakang, samping kiri maupun kanan. Begitu pun dengan manusia.  Mereka  juga memiliki ‘pintu masuk’ yang berbeda. Masing-masing punya cara belajar tersendiri dalam mendalami sebuah ilmu pengetahuan. Seringkali, seseorang cocok dengan metode belajar A tetapi tidak cocok dengan metode balajar B. Oleh karenanya, terapkanlah metode belajar yang sesuai dan tepat dengan diri kita masing-masing.

4. Disiplin mengatur waktu
Mengatur waktu belajar sangatlah penting. Harus disiplin. Kapan memulai belajar, dan juga kapan harus rehat. Apabila dalam belajar kamu tidak disiplin maka cita-cita untuk menjadi orang sukses akan terhambat. Buatlah rencana belajar lengkap dengan waktunya. Kemudian tekadkan dalam hati untuk menjalankan semua rencana yang telah dibuat tersebut.

5. Mengulang materi yang telah dipelajari
Ikatlah ilmu dengan mencatatnya. Tujuannnya adalah, agar apa yang telah dipelajari tidak mudah lupa. Saat belajar, sediakanlah buku catatan. Hal ini akan memudahkan untuk kita mengulang pelajaran tersebut. Selain itu, ada baiknya kita membuat ringkasan materi yang disampaikan guru atau yang telah kita baca dan pelajari. Dengan merangkum materi tersebut, maka akan menguatkan daya ingat. Buatlah catatan yang menarik. Merangkum dengan membuat mind maping atau kreasi lainnya akan membuat belajar menjadi lebih menyenangkan.

Demikian 5 tips belajar efektif kali ini. Untuk tips lainnya insyaallah akan saya posting pada tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "5 Tips Belajar Efektif"

  1. Belajar dimana saja dan bisa kapan saja :)

    Mampir jg ke blog ku ya, jgn lupa di follow :)

    BalasHapus
  2. Wah tipsnya bermanfaat nih. 🥰

    BalasHapus