Kantin Sehat

Kantin Sehat
Kantin Sehat
Siapa yang sewaktu masih bersekolah, sukanya nongkrong di kantin? Kantin adalah tempat yang menyenangkan. Beraneka ragam makanan dan minuman tersedia di sana. Mau pilih apa tinggal tunjuk saja. Yang penting fulusnya ada, makanan dan minuman akan langsung terhidang di depan mata. Siap untuk disantap. Nah, kali ini saya akan membahas tentang kantin sehat.

Kantin sekolah  adalah suatu ruang atau bangunan di sekolah yang dimanfaatkan untuk menyediakan makanan dan minuman untuk melayani warga sekolah. Bukan hanya sekedar kantin, namun yang diharapkan di sekolah adalah adanya kantin sehat. Adapun tujuan penyediaan layanan kantin sehat di sekolah antara lain menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, menyediakan makanan yang aman dan bergizi dan menyediakan fasilitas untuk menerapkan ilmu kesehatan dan gizi.

Keberadaan kantin sehat sangat bermanfaat bagi warga sekolah, antara lain sebagai tempat penyediaan makanan sehat agar dapat menjaga kesehatan, tempat untuk memilih makanan yang aman dan bergizi, untuk belajar tatakrama yang ada di masyarakat dan sebagai tempat bersosialisasi antar warga sekolah.

Adapun pelayanan kantin sehat dapat berupa self-service system, yaitu sistem pelayanan yang pembelinya melayani diri sendiri , wait-service system adalah sistem pelayanan yang pembelinya menunggu dilayani petugas kantin, tray-service system adalah sistem pelayanan yang pembelinya dilayani petugas kantin, dan penyajian yang makanannya menggunakan baki atau nampan.

Pengelola kantin harus memperhatikan beberapa hal, antara lain waktu pelayanan kantin, membuat prosedur pelayanan kantin (tata cara pembelian dan pembayaran, pengembalian alat makan, pembuangan sampah), membuat dekorasi yang menarik terkait gizi dan kesehatan di ruang kantin. Selain itu ia juga harus menyediakan tempat bagi peserta didik yang akan makan dengan membawa makanan sendiri.

Begitulah model kantin yang ideal. Dengan berlabel kantin sehat, diharapkan bisa memberikan pelayanan yang maksimal akan kebutuhan makanan dan minuman bagi warga sekolah. Dengan adanya kantin sekolah yang sehat seperti dijelaskan di atas, ada beberapa hal positif yang akan diperoleh. Warga sekolah khususnya murid-murid akan terbiasa dengan makanan sehat. Hal ini dapat menyadarkan orangtua untuk segera memastikan bahwa kantin sekolah memang harus bersih dan sehat.

Tidak mudah memang, merealisasikan kantin sekolah yang sehat seperti ini. Banyak tantangannya, apalagi kalau oritentasinya hanya untuk mengejar keuntungan semata. Tidak jarang, orang melupakan kepentingan hidup bersih dan sehat, untuk mendapatkan untung yang besar. Untuk mewujudkan kantin sekolah sehat, dibutuhkan kerja sama pihak sekolah dengan orangtua, serta komite sekolah. Walaupun berat, ada baiknya pihak sekolah, orangtua dan komite sekolah mewujudkan kantin sekolah sehat.

Biasanya, anak-anak sangat senang saat jajan di kantin. Tidak peduli apakah makanan dan minuman yang dibeli untuk kemudian dikonsumsinya sehat atau tidak. Apalagi ditambah kondisi perut yang lapar karena tidak bawa bekal atau belum sarapan di rumah. Seakan tugas orangtua sudah selesai, karena sudah memberikan sejumlah uang jajan kepada anak-anak untuk menikmati jajanan di sekolah. Tanpa peduli jajanan seperti apa yang bakal masuk ke perut anak-anak mereka.

Bisa jadi, banyak dari orangtua tidak aware,  bahkan juga tidak sadar bahwa jajanan yang dikonsumsi anak-anak di sekolahnya banyak yang berbahaya dan tidak layak untuk dikonsumsi. Banyak jenis-jenis makanan atau pun minuman jajanan anak-anak  yang bahan-bahannya terbuat dari bahan yang membayakan kesehatan, misalnya mengandung pewarna makanan, zat-zat penyedap makanan serta pengawet yang bisa memicu berbagai macam penyakit.

Untuk itu, setiap sekolah harus bisa mewujudkan adanya kantin sehat di sekolah masing-masing. Dan untuk mendapatkan kantin sekolah yang sehat maka pembinaan kantin sekolah harus langsung dilakukan oleh komunitas sekolah yaitu kepala sekolah selaku pimpinan, guru, orang tua atau komite sekolah, dan siswa itu sendiri. Dalam hal ini diperlukan komitmen dan partisipasi aktif dari warga sekolah untuk meningkatkan kualitas jajanan berupa makanan dan minuman, agar aman, bermutu, dan bergizi melalui sistem manajemen keamanan pangan sekolah melalui kantin sehat ini.

Hal ini penting, mengingat kebiasan buruk anak-anak kita serta rendahnya kesadaran orangtua akan jajanan dan makanan anak yang sehat. Keberadaan kantin sehat menjadi semakin penting, karena jika sudah sakit, sesungguhnya biaya berobat itu semakin hari semakin mahal. Oleh sebab itu, mencegah tetap jauh lebih baik, dibandingkan dengan mengobati. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Mulailah sekarang juga. Karena, di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan.

Posting Komentar untuk "Kantin Sehat "