Memilih Niche Blog

Memilih niche blog
Niche

Sebelum memulai memposting sesuatu di blog, haruskah kita memilih niche blog-nya terlebih dahulu? Di dunia bloging, ada sebuah istilah yang sangat familiar bagi bloger. Niche.  Biasanya sebagian besar bloger pemula tidak atau belum memahami apa itu niche, dan bagaimana memilih niche blog. Mereka tidak tau atau sengaja mengesampingkan hal ini dikarenakan tujuan nge-blognya baru sekedar mengisi waktu luang, menulisnya masih berfokus pada mood serta agar memiliki postingan yang banyak dengan topik yang beragam. Yang penting banyak postingannya, dan menulis apa saja yang disukainya saat itu.

Setelah mendapatkan materi tentang niche yang disampaikan oleh Mba Rindang di ODOP 7 kelas nonfiksi, sebenarnya, niche pada sebuah blog sangatlah penting. Niche blog adalah topik atau tema yang menjadi fokus utama penyajian konten di blog seorang bloger. Jadi blog tersebut hanya membahas satu topik tertentu saja dan tidak membahas beragam topik yang lainnya.

Misalnya, jika sebuah blog hanya membahas seputar kuliner, maka niche blog orang tersebut adalah kuliner. Dan jika sebuah blog  berisi tentang banyak hal, maka blog tersebut disebut general blog atau blog gado-gado. Dan jujur, blog saya ini masih termasuk blog gado-gado. Karena memang isinya masih sangat beraneka ragam. Macam-macam tulisan ada di sana. Sebab yang saya posting hanyalah ide-ide spontan yang muncul saat itu, serta masih tergantung mood. Setelah tau akan pentingnya niche, akhirnya saya mencoba untuk memulai merapikan blog ini sesuai niche yang saya pilih.

Lalu, ketika sudah memahami apa itu niche, kita jadi tau apa yang harus dilakukan terhadap blog kita. Dengan hanya membahas satu topik khusus saja di blog, maka akan semakin sempit topik bahasan yang kita posting. Dengan begitu kita tidak akan bingung ketika mencari ide-ide yang ingin diposting, sebab topik bahasan cuma satu saja.

Selain itu, lebih mudah untuk menjadi blog otoritas. Dan jika kita konsisten, terus belajar dan bekerja keras, maka niche blog kita bukan tidak mungkin menjadi blog rujukan bahkan bisa juga untuk menghasilkan uang. Kelebihan lainnya adalah, blog lebih mudah dioptimasi. Hal ini dikarenakan kata kunci yang dibidik hanya berfokus pada niche kita saja. Begitulah kira-kira.

Dari materi yang saya dapatkan, niche blog terbaik adalah topik yang sesuai dengan passion, yakni bakat dan minat kita, sehingga postingan akan asli, ditulis dengan hati, punya jiwa dan kuat, karena memang materi yang diposting adalah materi yang telah dikuasai. Menilik blog saya ini, yang notabene masih gado-gado, saat ini sedang diusahakan untuk bisa menjadikan blog yang temanya mengerucut pada satu atau dua tema saja, sehingga lebih fokus.

Dan, kesimpulan dari materi tentang niche yang telah saya pelajari, kita bisa melihat suatu niche sebuah blog dari konten yang paling menonjol disajikan pada blog tersebut.  Karena saya seorang guru, sangat dekat dengan dunia pendidikan dan parenting, maka saya memutuskan niche saya dalam blog adalah tentang pendidikan dan parenting. Semoga apa yang saya bagikan nantinya bisa memberikan manfaat. Walaupun masih tertatih dalam dunia bloging ini, usaha akan selalu dilakukan. Belajar untuk senantiasa melakukan perbaikan.

Harapannya, semoga bisa mewujudkan blog yang memiliki niche yang berfokus pada niche yang saya pilih tadi, yaitu pendidikan dan parenting. Berharap bisa lebih memahami tentang dunia bloging. Sehingga bisa memaksimalkan usaha yang telah dilakukan. Karena setelah ini, dalam nge-bloging ria, akan ada banyak ilmu yang menanti untuk dipelajari. Perlahan namun pasti, yang penting terus berusaha, mencapai apa yang menjadi tujuan dari apa yang telah kita cita-citakan.

Semoga tulisan tentang memilih niche blog ini bisa memotivasi, utamanya untuk diri saya sendiri. Agar terus punya semangat  untuk berbagi, walau hanya untaian kata-kata yang entah apakah ini berarti. Dengan niche yang saya pilih ini, mudah-mudahan bisa berguna bagi pembaca nanti.

#OneDayOnePost
#ODOPBatch7
#Kelasnonfiksi
#Tantangan1

4 komentar untuk "Memilih Niche Blog "

  1. Bagus sekali kakakku, senang membacanya
    #semangat

    BalasHapus
  2. Semangat mbaak... sudah bagus blognya mbak.

    BalasHapus
  3. Keren mbak tulisannya^^

    BalasHapus
  4. Mantap pilihan niche nya, pendidikan dan parenting.

    BalasHapus