8 Fakta Seputar Profesi Guru

8 Fakta Seputar Profesi Guru
Hidup adalah pilihan. Pun menjadi seorang guru yang profesional. Ianya merupakan sebuah pilihan hidup. Dunia guru adalah pengabdian. Oleh karenanya, seseorang yang memilih menjadi guru, artinya ia telah mendedikasikan hidupnya untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu. Melalui proses pembelajaran yang dilakukan, guru adalah seorang agent of change.

Menjadi guru bukanlah hal mudah. Ia harus menguasai bukan hanya keterampilan mengajar, namun juga harus memiliki pengetahuan dan sikap profesional. Ia pun harus bisa memilih, menciptakan serta menggunakan berbagai media, memilih metode mengajar sesuai kebutuhan, dapat memanfaatkan teknologi, dapat mengembangkan kurikulum secara dinamis, serta yang paling penting adalah memberikan keteladanan bagi murid dan juga lingkungan tempat tinggalnya.

Sadar atau tidak, peran guru memanglah sangat vital dan fundamental. Hingga kaisar Jepang, seusai negaranya luluh lantak oleh ganasnya bom nuklir yang dijatuhkan oleh pasukan Sekutu di kota Hiroshima dan Nagasaki, yang menyebabkan sebagian besar penduduknya meninggal dunia, ia hanya menanyakan, “berapa guru yang tersisa?”

Pertanyaan Kaisar bukan tanpa maksud. Kaisar tau betul, bahwa nantinya, yang akan membangun Jepang kembali dari kehancuran dan keterpurukan adalah guru. Kepada gurulah, semua beban dan tanggung jawab berat itu dipikulkan di pundaknya. Dan benar saja, tahun berselang, Jepang mampu melewati masa kritis, dan kita bisa lihat, saat ini Jepang tampil sebagai salah satu negara maju yang disegani  dan diperhitungkan oleh dunia. Kenapa bisa begitu? Karena para guru di sana dapat berperan secara aktif menjalankan apa yang menjadi tanggung jawab dan kewajibannya.

Menjadi guru bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan kesabaran ekstra dan komitmen yang kuat. Namun begitu, jangan khawatir, sebab balasan seorang guru yang tulus ikhlas menginfakkan sebagian besar hidupnya untuk mendidik generasi  menjadi pribadi yang lebih baik adalah surga.
Hampir semua orang di dunia, mulai dari level masyarakat menengah ke bawah hingga masyarakat menengah ke atas pernah belajar dan diajar oleh seorang guru. Hingga ada sebuah pepatah, “Orang hebat dapat menciptakan sebuah karya hebat, namun guru hebat, bisa menciptakan ribuan orang hebat.”

Profesi guru, merupakan profesi yang seru dan menyenangkan. Setidaknya, ada 8 fakta seputar profesi guru yang dapat kita rasakan bersama. Fakta-fakta tersebut antara lain:

1. Seorang guru harus memiliki banyak topeng. Ia harus senantiasa tersenyum dan tegar di hadapan murid-muridnya, walupun hatinya sedang dirundung kesedihan.
2. Punya banyak relasi. Bukan hanya murid, namun juga orang tua murid. Dari tahun ke tahun akan terus bertambah. Selain itu, guru juga memiliki banyak sesama teman sejawat. Bisa dibayangkan, selama menjadi guru, berapa banyak orang yang akan mengenalnya bukan?
3. Seringkali menemui hal-hal lucu selama berinteraksi dengan para murid di kelas. Kepolosan dan keluguan mereka banyak memberi warna bagi perjalanan hidup seorang guru.
4. Guru selalu awet  muda. Ini benar sekali. Kita pastinya sering merasa, kok guru SD saya dari dulu ya begitu begitu saja, tidak ada yang berubah. Sementara muridnya sudah ‘bermetamorfosa’ menjadi orang-orang yang telah dewasa.
5. Memiliki banyak kreatifitas, mengolah pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, sehingga murid-murid senantiasa senang dan happy.
6. Harus melengkapi administrasi yang banyak, seperti membuat RPP, Prota, Promes dan lain sebagainya. Selain itu guru harus membuat soal ulangan dan mengkoreksinya. Pekerjaan tersebut seringkali sampai dibawa pulang ke rumahnya.
7. Seorang guru harus senantiasa belajar. Sebuah pelita (lampu minyak) yang bercahaya menerangi sekitarnya, lambat laun akan habis minyaknya dan kemudian mati.  Agar bisa senantiasa menyala dan bisa terus menerangi, maka pelita tersebut haruslah terus diisi minyak sebagai bahan bakarnya. Begitulah. Seorang guru harus selalu mengupgrade dirinya agar bisa terus memberikan pendidikan terbaik bagi murid-muridnya. Guru yang tidak mau belajar, maka akan ‘mati’ dan tertinggal.
8. Selalu akan selalu diingat oleh murid-muridnya. Dikarenakan banyaknya murid, seorang guru mungkin saja lupa terhadap muridnya. Tapi seorang murid tidak akan melupakan gurunya. Apalagi jika guru tersebut sangat mengesankan baginya.

Itulah 8 fakta seputar profesi guru. Menjadi guru memang berat dan penuh tantangan, tapi juga asyik. Karena menjadi guru artinya telah membantu murid-murid untuk mecapai cita-cita mereka dan sebagai guru juga ikut serta dalam mencerdaskan anak bangsa.

2 komentar untuk "8 Fakta Seputar Profesi Guru"

  1. Paklik saya guru, benarlah memang, wajahnya ttp awet muda meskipun sdh berusia 50++ 😀
    Tetap semangat menjadi guru ya bu 🌹🌹

    BalasHapus