Bagaimana Membuat Sudut Baca Kelas Untuk Anak SD



Bagaimana Membuat Sudut Baca Kelas Untuk Anak SD
Bagaimana Membuat Sudut Baca Kelas Untuk Anak SD
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) saat ini sedang dan terus digiatkan. Lembaga pendidikan mulai dari level yang terendah, Sekolah Dasar (SD) hingga level Perguruan Tinggi (PT), melaksanakan kegiatan yang bermuara pada tumbuhnya minat baca siswa. Salah satu bagian dari sarana dan prasana yang wajib ada untuk menunjang pendidikan adalah adanya perpustakaan sekolah. Bagaimana membuat sudut baca kelas khususnya untuk anak SD, sebagai upaya mendekatkan perpustakaan bagi peserta didik. Hal ini penting, mengingat keberadaan perpustakaan sekolah merupakan bagian yang terintegrasi sebagai penunjang pembelajaran di sekolah dan tercapainya keberhasilan peningkatan mutu sekolah.

Oleh karenanya, pemanfaatan perpustakaan sekolah perlu mendapatkan perhatian khusus agar dapat dioptimalkan oleh seluruh warga sekolah. Namun demikian, kondisi perpustakaan khususnya di Sekolah Dasar (SD) masih sangat memprihatinkan dan belum memiliki daya tarik yang bisa membuat para siswa dan warga sekolah lainnya berbondong-bondong menuju perpustakaan. Sama halnya dengan sudut baca kelas, yang disebabkan masih minimnya upaya guru dan kurangnya kesadaran akan pentingnya membuat sudut baca kelas.

Untuk itu, diperlukan upaya yang berkelanjutan dari semua pihak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan sekolah untuk memperluas akses perpustakaan bagi peserta didik dan warga sekolah adalah pengembangan sudut baca kelas dan area baca sekolah dengan maksud agar dapat lebih mudah diakses dan lebih dekat dengan perserta didik dan warga sekolah lainnya. Tujuannya tidak lain adalah agar dapat meningkatkan minat peserta didik dan warga sekolah.

Bagaimana Membuat Sudut Baca Kelas Untuk Anak SD
Bagaimana Membuat Sudut Baca Kelas Untuk Anak SD
Sudut baca kelas merupakan sebuah tempat di kelas yang dilengkapi dengan koleksi buku dan ditata secara menarik untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Sementar area baca sekolah meliputi semua area di lingkungan sekolah yang terdiri dari serambi, koridor, halaman, kebun/taman, dan ruang lainnya, yang ditata untuk meningkatkan minat baca peserta didik dan juga warga sekolah.

Dinamakan sudut baca kelas, karena letaknya di suatu sudut atau tempat lain yang berada di pojok ruangan sebuah kelas yang digunakan untuk menata buku atau sumber belajar lainnya dalam rangka meningkatkan minat baca dan belajar peserta didik melalui kegiatan membaca yang menyenangkan.

Tujuan dibuatnya sudut baca di setiap kelas adalah untuk untuk mengenalkan peserta didik kepada beragam sumber bacaan untuk dimanfaatkan sebagai media, sumber belajar, serta memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan. Sudut baca kelas juga dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung keberhasilan proses dan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Bagaimana cara membuat dan mengelola sudut baca kelas?

Sudut baca kelas dapat diciptakan dengan memanfaatkan sudut ataupun tempat lain yang strategis di dalam kelas. Jenis bahan bacaan yang ditempatkan di sudut baca kelas dapat berupa buku teks pelajaran, buku cerita, hasil karya peserta didik dan guru, komik, koran, majalah anak, kliping, dan sumber belajar lainnya.

Bagaimana Membuat Sudut Baca Kelas Untuk Anak SD
Bagaimana Membuat Sudut Baca Kelas Untuk Anak SD
Adapun tahapan dalam membuat sudut baca kelas diantaranya adalah menyediakan sebagian area di kelas untuk menyimpan koleksi bahan pustaka, merancang denah penempatan dengan memperhatikan pencahayaan, sirkulasi udara, keamanan dan kenyamanan peserta didik

Tips merancang area pojok buku dalam menata koleksi bahan pustaka, antara lain;
1) menyediakan tempat/rak koleksi yang cukup, kuat, dan aman. 
2) Menentukan, memilah, dan menyediakan jenis koleksi bahan pustaka yang akan ditempatkan di sudut baca kelas, sesuai dengan minat dan jenjang/kemampuan baca peserta didik.
3) Menyiapkan koleksi bahan pustaka dari perpustakaan minimal sejumlah peserta didik di kelas tersebut.
4) Melengkapi koleksi bahan pustaka di sudut baca kelas. Hal ini dapat disiapkan oleh peserta didik atau melalui kontribusi dari orang tua.
5) Menata koleksi bahan pustaka pada tempat/rak yang telah disediakan yang dilakukan bersama oleh guru dan peserta didik.
6) Menyiapkan buku rekap baca yang berisi nama peserta didik dan judul buku yang telah dibacanya.
7) Koleksi sudut baca kelas sebaiknya selalu diperbarui, hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan minat baca peserta didik minimal dalam kurun waktu 1 bulan sekali.
8)Tanggung jawab pengelolaan sudut baca kelas melibatkan guru kelas dan peserta didik.

Bagaimana Membuat Sudut Baca Kelas Untuk Anak SD
Bagaimana Membuat Sudut Baca Kelas Untuk Anak SD
Sudut baca kelas, dikatakan bermanfaat dan berkembang jika telah mencapai indikator antara lain,
a) Terdapat sudut baca di setiap kelas dengan koleksi bahan pustaka sesuai jumlah peserta didik.
b) Meningkatnya frekuensi membaca peserta didik.
c) Adanya pemanfaatan sudut baca dalam proses pembelajaran.
d) Sudut baca kelas tertata dan terkelola setiap akhir pembelajaran.
e) Koleksi bahan pustaka di sudut baca kelas diperbarui secara berkala.
f) Ada kegiatan guru membacakan buku dengan nyaring, atau pun kegiatan peserta didik membaca mandiri dengan memanfaatkan koleksi sudut baca kelas.
g) Terdapat daftar koleksi dan daftar rekap baca sudut baca kelas.
h) Meningkatnya kemampuan membaca dan berkomunikasi antara peserta didik dan guru di kelas.

Semoga pihak sekolah dapat memahami dan merealisasikan upaya-upaya membangun dan mengoptimalkan pemanfaatan sudut baca kelas untuk anak SD dalam rangka memperluas akses peserta didik dan warga sekolah lainnya terhadap bahan bacaan. Di samping itu, sudut baca kelas juga dapat dimanfaatkan sebagai upaya dalam meningkatkan program gemar membaca dan gerakan literasi sekolah, baik bagi peserta didik maupun warga sekolah lainnya.


1 komentar untuk "Bagaimana Membuat Sudut Baca Kelas Untuk Anak SD"

  1. Jadi terinspirasi untuk buat yang sama di kelas. Thanks mbak^^

    BalasHapus