Aplikasi Layanan Kesehatan Online Untuk Keluarga


Aplikasi Layanan Kesehatan Online Untuk Keluarga
Di jaman yang sudah serba canggih ini, bukan perkara sulit untuk dapat memperoleh informasi apapun yang kita butuhkan. Sekarang ini, begitu mudah masyarakat menemukan cara-cara yang praktis, efektif dan efisien untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Perkembangan digital yang begitu pesat sangat mendukung terwujudnya masyarakat yang lebih modern. Hal ini ditandai dengan menjamurnya perangkat-perangkat pemenuh kebutuhan dengan berbasis teknologi canggih yang terus berkembang.

Masyarakat begitu dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas yang memudahkan segalanya, yang kesemuanya itu dapat dikendalikan dari tempat kita berada. Tinggal klik-klik saja. Begitu praktis, karena sekarang semua berada dalam satu  genggaman, semua tersedia dalam ponsel cerdas kita, asalkan online dan punya paket data. Teknologi informasi telah hampir merambah di semua bidang kehidupan. Termasuk di antaranya bidang pendidikan, perekonomian, sosial budaya, perdagangan, dan juga kesehatan. 

Saat ini, kesehatan adalah faktor sangat penting yang menjadi perhatian kita. Jika tubuh kita sehat, kita dapat melakukan aktivitas apapun yang kita sukai. Kesehatan tidak dapat ditukar dengan uang yang banyak ataupun harta yang melimpah. Benar, kesehatan memang tidak dapat dibeli. Oleh karenanya, jagalah sehatmu sebelum  sakitmu. Artinya, kita harus senantiasa pandai-pandai menjaga kesehatan. Karena jika sudah terlanjur sakit, sulit untuk pulih kembali. Apalagi jika yang mampir ke tubuh kita adalah penyakit yang berat, yang sulit untuk diobati. Seperti diabetes, jantung, dan kanker.


Aplikasi Layanan Kesehatan Online Untuk Keluarga

Untuk mengantisipasi hal itu, hadir di tengah-tengah kita sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai salah satu penyedia informasi untuk jasa dan layanan di bidang kesehatan. Aplikasi tersebut adalah www.sehatq.com

Sehatq adalah solusi tepat untuk membantu kita dalam mengelola kesehatanSehingga kita dan keluarga senantiasa terjaga kesehatannya. Seperti kita ketahui bersama, perjalanan kesehatan dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. Kebutuhan masing-masing individu berbeda, bergantung kepada riwayat keluarga, lingkungan tempat beraktivitas, dan kondisi individu tersebut.

Berangkat dari kebutuhan masyarakat akan informasi-informasi tentang kesehatan, SehatQ hadir membantu menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, serta menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

SehatQ merupakan platform informasi kesehatan yang bertujuan untuk menjadi ‘asisten kesehatan bagi keluarga Indonesia.’ Di situs https://www.sehatq.com, ada banyak layanan terkait masalah kesehatan. Pada tampilan menu, akan terlihat bahwasanya semua yang berhubungan dengan kesehatan tersedia secara lengkap. Di antaranya adalah kolom obat, berisi informasi tentang aneka jenis obat. Ada juga kolom artikel. Di sini banyak sekali artikel tentang hidup sehat, penyakit, kehamilan, kulit dan kecantikan, bayi dan menyusui, parenting dan lainnya. Pada kolom dokter, tersedia direktori dokter-dokter ahli seperti akupuntur, anak, andrologi dan bedah. Selain itu, ada kolom rumah sakit yang memuat direktori seluruh rumah sakit. Informasi tentang segala jenis penyakit terdapat pada kolom penyakit. Lalu ada juga kolom chat dokter, kolom promo, kolom even atau acara dan tidak kalah penting adalah kolom forum, berisi tentang tanya jawab tentang masalah kesehatan.

Tren saat ini, masyarakat luas banyak mengakses forum-forum diskusi online dalam bidang kesehatan karena telah merasakan manfaatnya. Dari forum tersebut, kita bisa mendiagnosa dan mengobati diri sendiri. Di sehatq.com, kita bisa melakukan tanya jawab dokter online, diskusi seputar kesehatan keluarga, tumbuh kembang anak, kehamilan, dan pola hidup sehat, dengan bergabung dalam forum https://www.sehatq.com/forum. Dan yang asyik, pertanyaan kita akan langsung ditanggapi dan diberikan solusi oleh dokter yang memang ahli di bidangnya. Sehingga kita tidak ragu dan puas akan respon tersebut. Jadi, untuk dapat bertanya apapun terkait masalah kesehatan, silakan bergabung di sini. Sangat informatif.

Apakah Aman Mendapatkan Nasehat Medis di Internet?

Hasil dari penelitian terbaru, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medical Internet Research, peneliti dari Royal Holloway University of London yang meminta dokter dan non-dokter untuk menilai saran medis yang diberikan pada 25 thread diskusi kesehatan, menyatakan bahwa secara keseluruhan, informasi itu dinilai sebagai cukup akurat. Para peneliti juga mengatakan bahwa mereka memiliki kesulitan menemukan jawaban yang salah. Artinya, jawaban yang diberikan adalah sesuatu yang benar menurut ahlinya masing-masing.

Aplikasi Layanan Kesehatan Online Untuk Keluarga
Ini merupakan kabar baik mengingat bahwa di jaman yang serba instan ini, adalah hal yang biasa bagi masyarakat untuk mencari tau jawaban dari pertanyaan mereka melalui internet ketika mereka mengalami sebuah gangguan kesehatan. Dengan begitu, mereka akan dengan cepat mengetahui apa saja yang harus mereka lakukan untuk mengantisipasi gejala-gejala dari suatu penyakit tertentu dan mengkonsumsi obat untuk menyembuhkannya. Sebuah survei Pew Research Center menemukan bahwa satu dari tiga orang dewasa Amerika menggunakan internet untuk mencoba mendiagnosis masalah medis.

Namun demikian, tetap saja forum online kesehatan tidak boleh digunakan sebagai pengganti pemeriksaan fisik, diagnosis dan pengobatan oleh dokter Anda sendiri. Itu hanyalah upaya awal dari suatu rangkaian proses pengobatan yang harus dilalui. Paling tidak, tumbuh kesadaran masyarakat bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Penanganan sejak diri akan lebih memudahkan proses pengobatannya. Sehingga segala sesuatunya akan lebih mudah untuk diantisipasi.

Silakan akses laman SehatQ,  sebuah aplikasi layanan kesehatan online untuk keluarga, agar kita bisa mendapat manfaat berupa informasi pada setiap tahap perjalanan kesehatan, dengan rekomendasi yang spesifik sesuai kebutuhan kita masing-masing.

8 komentar untuk "Aplikasi Layanan Kesehatan Online Untuk Keluarga"

  1. Informatif sekali mba 😊😊

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat tulisannya mbak

    BalasHapus
  3. Salam kenal ya, kak. Aku pun suka mencari informasi seputar dunia kesehatan melalui SehatQ.com, beruntung sekali karena saat ini sudah ada SehatQ.com

    BalasHapus