Mengenal Software atau Perangkat Lunak


Mengenal Software atau Perangkat Lunak

Setelah mengenal pernagkat keras komputer, kali ini kita akan mengenal perangkat lunak komputer. Apa sih perbedaan keduanya? Jika perangkat keras atau hardware adalah bagian komputer yang dapat kita lihat dan kita sentuh wujudnya dalam kehidupan sehari-hari, maka perangkat lunak atau yang sering disebut software adalah bagian komputer yang tidak bisa kita lihat atau kita sentuh tanpa kita mengoperasikannya. 

Perangkat lunak adalah berupa data yang disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi lainnya yang bisa dibaca, dan ditulis di komputer. Selain itu, perangkat lunak terdiri dari sistem operasi, serta perangkat lunak pemrograman, utilitas, dan aplikasi. Jadi, perangkat lunak komputer dikelompokkan menjadi dua kategori besar, yaitu perangkat lunak sistem atau system software dan perangkat lunak aplikasi atau application software.

A. Perangkat lunak sistem atau system software

Perangkat lunak system pada komputer terdiri dari sekelompok program. Program yang termasuk dalam perangkat lunak sistem adalah program system yang meliputi system operasi (operating system) dan sistem utiliti (utility system).

Sistem Operasi

Sistem operasi adalah bagian yang digunakan untuk melakukan manajemen dari perangkat keras.  Beberapa sistem operasi yang digunakan pada komputer termasuk pada handphone adalah sebagai berikut:

Sistem Operasi Komputer, terdiri dari 1) Sistem Operasi Windows yang dikembangkan oleh Microsoft berbasis GUI (Graphic User Interface).  MS Windows untuk saat ini sering digunakan karena sistemnya mudah dipahami dan sederhana. 2)Sistem Operasi Linux, yaitu sistem operasi open source dan gratis yang memiliki kelengkapan fitur untuk jaringan, pengembangan software, dan dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan harian. 3) Sistem Operasi Mac OS, yaitu sistem operasi Mac (Macintosh Operating System) yang merupakan system oprasi berbasis Graphic User Interface dari Apple.

Sementara sistem operasi pada handphone merupakan sistem operasi yang digunakan pada perangkat bergerak. Terdiri dari 1) Sistem Operasi Android yang merupakan sistem operasi yang banyak digunakan untuk jenis perangkat komunikasi bergerak (mobile device) dari smartphone. 2) Sistem Operasi IOS, yaitu sistem operasi yang diciptakan oleh perusahaan apple yang awalnya digunakan untuk Iphone, namun sekarang digunakan untuk iPad dan iPod Touch.

Sistem Utiliti

Perangkat lunak sistem utiliti ini focus dalam mengoptimalkan fungsi dan kinerja komputer. Sistem operasi khususnya windows sudah memiliki sistem utiliti bawaan (internal). Sistem utiliti ada 2 yaitu Program Utilitas Internal (bawaan), contohnya File Manager dan Screen Saver. Sedangkan Program Utilitas Eksternal (Bukan Bawaan) contohnya antivirus dan juga kompresi file.

B. Perangkat lunak aplikasi atau application software

Perangkat lunak aplikasi ini adalah jenis perangkat lunak yang memiliki kemampuan dan fungsi-fungsi tertentu sesuai kebutuhan. Contohnya adalah perangkat lunak office untuk produktivitas kerja, perangkat lunak pendidikan, dan perangkat lunak bisnis.

Perangkat lunak untuk aplikasi komputer

Perangkat lunak aplikasi komputer merupakan perangkat yang dapat membantu produktivitas bagi penggunaan komputer. Contohnya adalah Microsoft Office Pengolah Kata (Word Processing), Microsoft Office Pengolah Angka (Excel Processing), Microsost Office Powerpoint (Powerpoint Processing), dan Adobe Photoshop.  Sedangkan perangkat lunak pada handphone antara lain WhatsAPP  dan Google Map. Selain itu, masih banyak jenis perangkat lunak aplikasi lainnya yang ada dan digunakan saat ini.

Macam Macam Sistem Operasi

Terdapat bermacam macam sistem operasi dan juga pecahan dari sistem operasi. Berikut ini adalah macam macam sistem operasi dalam bentuk tabel.

Mengenal Software atau Perangkat Lunak

Sumber: https://salamadian.com, diakses pada tanggal 13 Maret 2020

Sedangkan jenis-jenis sistem operasi smartphone antara lain;

Android. Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sistem operasi ini sangat rentan terhadap virus karena bersifat open sources, tapi disisi lain dengan adanya open sources dari Android para pengguna Android dapat memodifikasi sistem operasi ini dengan bebas.

iOS Apple. iOS Apple merupakan perangkat yang hanya dimiliki dan dikembangkan oleh Apple Inc. Selain brand Apple, tidak ada lagi smartphone lain yang menggunakan sistem operasi ini. Pertama kali iOS Apple diperkenalkan dengan nama iPhone OS yang diluncurkan bersama dengan Apple iPhone pada bulan Juli 2007. Pada pertengahan 2010, barulah sistem operasi diganti dengan nama iOS Apple.

Windows Phone. Windows Phone merupakan keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi mobile ini dikenal karena kecepatan dan kemudahan dalam berintegrasi dengan perangkat Windows lainnya.

Symbian. Symbian merupakan sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Symbian juga bukanlah sistem operasi yang open source, tetapi karna diperlukan API sehingga banyak pihak developer yang salah mengartikan bahwa source codenya tidak didistribusikan secara bebas.

FireFox Mozilla. Yaitu perusahaan yang mengembangkan aplikasi peramban (browser) Firefox, berencana untuk membuat sistem operasi kode sumber terbuka (open source) untuk perangkat mobile bernama Firefox OS. FireFox OS adalah sistem operasi mobile yang bebas dari teknologi ekslusif saat ini menjadi platform yang kuat yang memberikan pengembang aplikasi kesempatan untuk menciptakan produk unggulan.

Ubuntu Mobile. Linux adalah turunan Debian yang dikembangkan oleh Canonical Ltd, Ubuntu Phone OS sendiri dikembangkan oleh Ubuntu dengan tujuan untuk memberikan pengguna ponsel pengalaman yang mirip dengan Ubuntu versi desktop. Ubuntu Phone OS juga memiliki fungsi multitasking untuk mempermudah pengguna dalam mengakses aplikasi yang sebelumnya dijalankan.
Demikian perangkat lunak yang terdapat pada komputer dan juga smartphone yang setiap saat kita mengoperasikannya.

Sumber: Modul 1 Pembatik 2020

Posting Komentar untuk "Mengenal Software atau Perangkat Lunak"