Jenis-jenis Perangkat Proses Dan Output Komputer


CPU Perangkat Proses

Dari pengalaman mengikuti kegiatan bimtek pembaTIK level satu dari kemdikbud beberapa waktu lalu, saya bermaksud secara berkala menuliskannya di sini. Harapan saya semoga tulisan dari pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi orang lain. Oh iya, di tulisan sebelumnya, telah diulas sedikit tentang perangkat input komputer. Pada kesempatan kali ini, saya akan melanjutkan dengan materi berikutnya yaitu jenis-jenis perangkat proses dan output dari komputer.

Pada perangkat hardware, selain perangkat input, juga terdapat perangkat proses dan output komputer.

1. Perangkat proses komputer

Perangkat proses komputer ini terdiri dari CPU (Central Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam  komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data pada peralatan input, mengolah atau memproses sampai mengeluarkan informasi (output) ke perangkat output. 

Sekarang ini, selain komputer ataupun laptop, kita juga sudah sering menggunakan gawai (smartphone) sebagai alat komunikasi maupun komputasi. Seperti layaknya komputer atau laptop, di dalam gawai yang setiap hari kita genggam, juga terdapat perangkat CPU yang menjadi otak dari smartphone kita. Salah satu jenis CPU yang paling banyak digunakan pada smartphone saat ini adalah Qualcome Snapdragon.

2. Perangkat Output Komputer

Perangkat Output atau perangkat keluaran adalah perangkat yang berfungsi untuk  menampilkan data, instruksi dan informasi  dalam bentuk teks dan grafik atau gambar. Beberapa peralatan output yang umum digunakan antara lain:
  • Monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks, grafik, atau gambar di layar.
  • Proyektor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks, grafik, atau gambar di screen yang biasanya terpasang di tembok. Dengan menggunakan proyektor, data yang ditampilkan akan terlihat lebih besar, dari pada hanya ditampilkan melalui monitor.
  • Printer merupakan peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi, dari komputer dengan kertas. Pada printer model terkini, sudah dilengkapi pula dengan fitur scanner dan fotocopy. Sehingga, selain bisa digunakan untuk mencetak dokumen, printer tersebut juga bisa digunakan untuk memindai dokumen, maupun untuk memfotokopi dokumen.
  • Speaker merupakan perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer. Pada speaker model terkini, sudah tidak dilengkapi lagi dengan kabel, dan menggunakan teknologi Bluetooth untuk dapat terkoneksi dengan komputer.  

Demikian jenis-jenis perangkat proses dan output komputer. Semoga bermanfaat.


1 komentar untuk "Jenis-jenis Perangkat Proses Dan Output Komputer"

  1. Pernah ikut bimtek. Tapi belum pernah bahas ini..thanks mb^^

    BalasHapus