Hal Sepele Yang Membawa Berkah


Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan. Allah SWT suka akan keindahan dan kebersihan. Kebersihan merupakan tolak ukur iman seseorang. Sebagaimana sebuah hadits menyatakan bahwa kebersihan adalah sebagian daripada iman. ⁣

Bukan hanya kebersihan secara fisik, namun juga ruhani serta pikiran kita harus senantiasa terhindar dari hal-hal yang dapat mengotori.
Bukan hanya kebersihan diri, rumah dan keluarga, namun juga kebersihan lingkungan sekitar harus menjadi perhatian kita semua.⁣

Terlebih masjid, tempat umat muslim beraktivitas. Tempat beribadah dan berdoa. Tidak jarang sebagai tempat musafir singgah, sekedar untuk melepas penat dan lelah.⁣

Saat tiba di masjid, tempat pertama yang dituju biasanya adalah toilet masjid. Kita akan langsung bersih-bersih dan bersuci. Kesan pertama akan dimulai dari sini.
Jika didapati toilet masjid bersih, mengkilap dan wangi, akan membuat kita nyaman dan betah untuk berlama-lama. Lain kali insyaallah akan mampir lagi. ⁣

Namun sebaliknya, jika toilet masjid kotor, jember dan bau, bukan tidak mungkin orang akan malas bertandang dan mampir ke masjid tersebut, walau hanya sekedar numpang sholat karena sedang dalam perjalanan. ⁣

Sebenarnya, menjaga kebersihan toilet masjid adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan kita turut serta menjaga kebersihan toilet masjid, berarti kita telah menjaga sebagian dari iman kita.
Rasulullah SAW pernah menyatakan bahwa ada amalan kecil yang derajatnya membuka pintu surga bagi hamba yang melakukannya. ⁣

Jika toilet masjid saja sudah menjadi perhatian, maka hal ini akan dapat memberikan penyadaran bahwa betapa pentingnya kita menjaga kebersihan.
Bukan hanya di area masjid, kebiasaan baik itu akan terbawa terus selamanya. Kapan saja, dimana saja, kebersihan akan senantiasa dijaga.

Beberapa waktu lalu pernah membaca sebuah kabar berita. Seorang petugas kebersihan di Masjidil Haram dari Pakistan mendapatkan penghargaan karena dedikasinya dalam menjaga kebersihan rumah Allah tersebut.
Ia hendak diberikan banyak hadiah uang, namun ia menolaknya. Apa yang yang ia minta sungguh diluar dugaan. Ia hanya meminta untuk bisa diijinkan shalat dan berdoa di Hijir Ismail, tempat yang mulia.
Beribadah di dalamnya sama seperti melakukan ibadah di dalam ka'bah. Tidak semua orang bisa berkesempatan untuk shalat dan berdoa di sana. Sungguh ia tau hadiah yang terbaik.
Jika di dunia saja sudah sedemikian rupa penghargaan yang Allah berikan, bagaimana penghargaan di akhirat kelak.

Jadi, jangan sepelekan hal-hal kecil, karena kita tidak tau, hal-hal kecil dan sepele yang manakah yang akan membawa kita ke surga-Nya.⁣ Wallahu'alam.

Posting Komentar untuk "Hal Sepele Yang Membawa Berkah "