Daring PSB Video Pembelajaran Pusdatin Kemdikbud


Daring PSB Video Pembelajaran Pusdatin Kemdikbud

https://drive.google.com/file/d/16JKxD5xShCkVtlHVn6746KZ2JIM0ZRpH/view?usp=sharing

Assalamu'alaikum, selamat pagi semua..

Pagi ini ingin berbagi tentang materi muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan topik benda-benda di sekitarku. Materi ini untuk kelas 3 Sekolah Dasar.

Adapun tujuan pembelajaran yang ingin dicapai antara lain: siswa dapat menyebutkan nama-nama benda di sekitar kita, siswa dapat mengidentifikasi benda hidup dan benda tidak hidup, siswa dapat mengelompokkan jenis-jenis benda berdasarkan sifat fisiknya, dan siswa dapat mengidentifikasi perbedaan jenis-jenis benda berdasarkan wujudnya


Benda diciptakan Tuhan dengan beraneka ragam wujudnya. Setiap benda mempunyai sifat dan fungsinya masing-masing. Pernahkah kita membayangkan jika wujud benda hanya satu? Apa yang akan terjadi? Setiap hari kita melihat aneka benda di lingkungan sekitar. Benda-benda itu dapat membantu aktivitas kita sehari-hari. Benda di sekitar kita beraneka bentuk dan warnanya. Ada benda yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil. Mari mengenal jenis-jenis benda di sekitar kita.


Apakah yang dimaksud dengan benda? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati.

Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang dan juga dapat ditimbang.


Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas? Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.

Kamu sudah dapat membedakan benda dan bukan benda. Perhatikanlah benda-benda di sekelilingmu! Benda-benda mempunyai warna, bentuk, dan ukurannya tersendiri. Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.


Benda yang ada di sekitar kita mempunyai beragam ukuran. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang panjang dan ada yang pendek. Selain itu, Benda-benda di sekitar kita mempunyai beragam bentuk. Perhatikan bentuk-bentuk benda di berikut ini. Ada yang berbentuk lingkaran, segitiga, persegi, persegi panjang.


Benda di sekitar kita juga mempunyai beragam warna. Perhatikan warna-warna benda di berikut ini! 

Selain itu, setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. 

Di dapur, kita bisa melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap.

Salah satu wujud benda antara lain padat. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda-benda tersebut digolongkan sebagai benda padat? Karena bentuk dan ukurannya tetap. Diletakkan dimanapun, bentuk dan ukurannya tidak berubah. Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita.

Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan. Air adalah benda cair yang sering ditemui. Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup.

Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan. Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya awan dan asap.

Demikianlah pembelajaran kita kali ini, semoga bermanfaat. Salam sehat dan tetap semangat.

Wassalam

 

Sumber:

Bahan materi: Buku Siswa Kelas 3 SD Tema 3 Benda-benda di Sekitarku


Posting Komentar untuk "Daring PSB Video Pembelajaran Pusdatin Kemdikbud"