Speed Reading dan Cara Membaca Cepat


Speed Reading dan Cara Membaca Cepat
Pernah mendengar istilah speed reading? Speed reading merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seseorang yang memiliki waktu terbatas, namun membutuhkan informasi secara cepat. Apalagi di zaman serba instan ini. Semua dituntut untuk cepat. Pun untuk membaca. Minimnya minat baca dari masyarakat barangkali dikarenakan membaca adalah kegiatan yang menyita waktu. Sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama dan juga tidak bisa disambi dengan kegitan lainnya. Berbeda dengan kegiatan mendengarkan musik atau menonton. Bisa dilakukan sambil mengerjakan kegiatan lainnya.

Secara sederhana, speed reading dapat diartikan sebagai metode atau cara membaca yang dilakukan dengan cepat dan waktu yang sedikit. Lalu, kalau membaca dengan cepat, apakah kita dapat memperoleh informasi secara lengkap dan akurat? Bisa, asalkan membacanya sesuai dengan metode dan trik yang sudah ditentukan.  

Adapun, metode dalam speed reading atau membaca cepat antara lain;


a) Skimming, yaitu survey terhadap tulisan atau buku yang hendak dibaca selama satu dua menit. Yang dilakukan saat skimming pertama kali adalah memperhatikan judul, kemudian lihat gambar bila ada, setelah itu lihat juga sub judulnya. Gunanya adalah untuk memilah bacaan yang menurut kita penting saja.

b) Hilangkan subvokalisasi. Saat membaca kadang terjadi subvokalisasi, yaitu suara yang biasa ‘ikut membaca’ dalam pikiran. Hal ini sebenarnya dapat menghambat kecepatan membaca yang kita lakukan. Jadi sebaiknya jangan bersuara saat kita membaca karena otak membaca lebih cepat daripada suara yang ada dalam pikiran kita.

c) Teruslah membaca, jangan kembali ke belakang. Karena kembali ke belakang hanya akan mengurangi kecepatan membaca. Jangan hiraukan ada yang terlewat. Jadi pada intinya, membacalah untuk menangkap dan mendapatkan ide.

d) Jangan membaca per kata. Salah satu kunci membaca cepat adalah meminimumkan jumlah gerakan mata berhenti. Selain itu, pada saat yang sama, memaksimumkan jumlah kata yang terbaca setiap satu putaran gerakan mata yang kita lakukan.

e) Perbanyak latihan. Hal ini terkait jam terbang. Semakin seseorang itu banyak membaca buku, maka ia akan semakin cepat kemampuan membacanya. Ibarat sedang mengendarai sebuah kendaraan bermotor, jika sudah masuk ke gigi dua maka akan meningkat ke gigi tiga, empat dan seterusnya.

Agar kita bisa melakukan speed reading (membaca cepat), ada beberapa tips yang dapat dilaksanakan. 

Tips speed reading atau cara membaca cepat tersebut antara lain;


1. Berkonsentrasi. Dengan konsentrasi, membaca akan menjadi lebih cepat karena makna dalam isi buku tersebut bisa mudah dipahami.
2. Agar nyaman dalam membaca, mulailah dari buku-buku yang menggunakan font tulisan dengan ukuran yang lebih besar. Buku atau bacaan dengan ukuran font yang kecil, akan menyebabkan mata menjadi lebih mudah lelah.
3. Mulailah dengan membaca buku-buku yang pernah dibaca sebelumnya.
4. Agar memudahkan kita saat membaca, kita bisa gunakan jari untuk mengikuti kalimat-kalimat yang sedang dibaca.
5. Jangan lupa untuk istirahatkan mata jika kita telah membaca tiga puluh menit hingga satu jam. Hal ini dimaksudkan untuk membantu menenangkan ketegangan pada otot mata.

Selain melakukan trik di atas, sebelum kita berlatih melakukan speed reading atau membaca cepat, kita perlu memahami beberapa langkah membaca cepat berikut;

Lakukan Persiapan


Persiapan diawali dengan membaca judul. Adakalanya, judul ini ditafsirkan sesuai dengan pengalaman  serta imajinasi yang telah dialami oleh pembaca. Yaitu dengan menghubungkan pengalaman yang dimiliki dengan judul bahan bacaan yang akan dibaca. Lalu perhatikan gambar dan keterangan pada gambar dari materi yang akan dibaca. Karena biasanya gambar dibuat sebagai ilustrasi dari isi bacaan. Jadi, simbol visual berupa gambar ini dapat membantu kita memahami isi bacaan.

Langkah berikutnya, perhatikan huruf yang dicetak tebal atau miring. Karena biasanya, huruf yang dicetak berbeda ini menunjukkan sesuatu yang penting yang terdapat dalam isi bacaan. Selanjutnya bacalah terlebih dahulu alinea awal dan akhir. Hal ini dikarenakan bahwa alinea awal mengantarkan pembaca pada isi bacaan, sementara pada alinea akhir biasanya berisi pokok pikiran dari isi bacaan. Sehingga, dengan membaca aliena awal dan akhir, hal itu dapat membantu kita menafsirkan keseluruhan isi bacaan. Baru setelah itu, kita baca rangkumannya.

Saat Pelaksanaan


Setelah melakukan hal-hal dalam tahap persiapan tadi, maka kita sudah dapat membayangkan gambaran umum dari isi bacaan dalam buku yang akan kita baca. Baru kemudian kita bisa memulai membaca cepat dengan menggunakan teknik scaning dan skimming. Carilah kata-kata kunci yang ada dalam kalimat, lalu hubungkan melalui imajinasi kita, dengan begitu kita bisa dengan cepat mengambil inti sari dari isi bacaan tanpa harus membaca seluruh isi buku tersebut.

Demikian tehnik dan trik dalam speed reading atau membaca cepat. Selamat mencoba.

4 komentar untuk "Speed Reading dan Cara Membaca Cepat"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wah, padahal aku suka banget lho membaca dengan menyuarakan. Bukan suka deh, tapi jad kebiasaan hehehe...

    BalasHapus
  3. Padat, ringkas, informatif. Terima kasih banyak info bermanfaatnya 👍👍👍

    BalasHapus
  4. Kalau BW saya membacanya cepat, ups

    BalasHapus