Contoh Soal Pretest PPG Untuk Guru SD

Contoh Soal Pretest PPG Untuk Guru SD
Contoh Soal Pretest PPG Untuk Guru SD

Dalam waktu dekat, semua guru yang mengajar mulai jenjang TK, SD hingga tingkat SMU dan SMK, akan menghadapi ujian pretest PPG atau Pendidikan Profesi Guru. Berikut adalah contoh soal pretest PPG untuk guru SD. 

Bagi guru calon peserta pretest PPG ini, dapat melihat informasi di akun SIM PKB Guru masing-masing. Pelaksanaan pretest PPG untuk guru SD tahun 2019 ini tidak hanya guru terundang sebagai peserta pretest PPG namun juga peserta pretest PPG tahun lalu yang belum lulus.


Soal yang diujikan pada pretest PPG untuk guru SD terdiri dari kompetensi pedagogik dan soal profesional dalam bentuk pilihan ganda berjumlah kurang lebih 100 soal. Materi yang nantinya diujikan dalam pretest terdiri dari 4 kelompok materi soal yakni: 40 soal Potensi Akademik , 20 Soal Pedagogik (20 Menit), 40 s.d 70 Soal Bidang Keilmuan dan 15 Soal Bakat/Minat.

Dalam rangka persiapan menghadapi pretest PPG dalam Jabatan, guru dapat mencari soal-soal pretest PPG untuk latihan test PPG yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban.

Setiap guru harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat mengerjakan soal pretest PPG dengan baik dan memperoleh nilai yang bagus. Bagi guru yang mengikuti PPG yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan lulus akan mendapatkan sertifikat pendidik dan berhak mendapatkan tunjangan profesi guru.

Berikut beberapa contoh soal latihan pretest PPG untuk mengikuti sertifikasi guru, khususnya bagi guru kelas SD

SOAL-SOAL PRETEST  PPG MODUL 1 PEDAGOGIK


1. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari?
A. Diterminisme teknologi
B. Diterminisme ICT
C. Diterminisme teknologi dan efek media
D. Diterminisme sosial

2. Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai?
A. Media Berbasis TIK
B. Media konvergensi
C. Multimedia
D. Media Berbasis web.

3. Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah?
A. Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran.
B. Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media.
C. Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
D. Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran.

4. Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang baru ini.
Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
A. Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media.
B. Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan perkembangan baru ini.
C. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran.
D. Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses pembelajaran.

5. Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
a. Sebagai media promosi 
b. Sebagai media literasi 
c. Sebagai media komunikasi
d. Sebagai media sumber belajar

6. Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet)sebagai media peralatan interaktifkapanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut....
a. Interactive tools 
b. Interacting with others 
c. Alternative tools
d. Situational tools

7. Berikut situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia, kecuali ......
a. web 
b. wiki 
c. proquest 
d. podcast

8. Ada empat kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah sebagai berikut, kecuali....
a. Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
b. Personal Response System (PRS)
c.  Interacting with others
d. Community of Practice (Komunitas Praktik)

9. Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan...
a. Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
b. Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
c. Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital.
d. Peningkatan   penggunaan   media   sosial   untuk   melakukan   interaksi   sosial   terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.

10. Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar....
a. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
b. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
c. Model Kerja dan Belajar Digital-Age
d. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa

11. Guru dalam pembelajaran berbasisdigital menggunakan perangkat digital handlehand. Hal  ini sesuai peran guru dalam pembelajaran berbasis teknologi digital berupa....
a. Interactive Instruction 
b. Personal Response System (PRS) 
c. Mobile Assessment Tools
d. Community of Practice

12. File multimedia berbasis internet yang diformat untuk dapat diunduh langsung ke perangkat seluler adalah pengertian dari....
a. wiki 
b. podcast 
c. web
d. html

13. Salah satu contoh konkret penggunaan media interaktif saat pembelajaran di kelas pada era digital adalah....
a. Microsoftword
b. powerpoint 
c. macroflash media
d. Corel draw

14. Guru secara terus-menerus meningkatkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya secara
a. Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan
b. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
c. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
d. Model Kerja dan Belajar Digital-Age


Demikian beberapa contoh soal pretest PPG untuk Guru SD. Semoga bermanfaat. Contoh soal pretest PPG untuk guru SD lainnya dapat dilihat di sini.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pretest PPG Untuk Guru SD"