Contoh Soal Pretest PPG Untuk Guru SD |
Dalam waktu dekat, semua guru yang mengajar mulai
jenjang TK, SD hingga tingkat SMU dan SMK, akan menghadapi ujian pretest PPG atau
Pendidikan Profesi Guru. Berikut adalah contoh soal pretest PPG untuk guru SD.
Bagi guru calon peserta pretest PPG ini, dapat melihat
informasi di akun SIM PKB Guru masing-masing. Pelaksanaan pretest PPG untuk guru SD tahun 2019 ini tidak hanya guru
terundang sebagai peserta pretest PPG namun juga peserta pretest PPG tahun lalu
yang belum lulus.
Soal yang diujikan pada pretest PPG untuk guru SD terdiri dari
kompetensi pedagogik dan soal profesional dalam bentuk pilihan ganda berjumlah
kurang lebih 100 soal. Materi yang nantinya diujikan dalam pretest terdiri dari
4 kelompok materi soal yakni: 40 soal Potensi Akademik , 20 Soal Pedagogik (20
Menit), 40 s.d 70 Soal Bidang Keilmuan dan 15 Soal Bakat/Minat.
Dalam rangka persiapan
menghadapi pretest PPG dalam Jabatan, guru dapat mencari soal-soal pretest PPG untuk latihan test
PPG yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban.
Setiap guru harus mempersiapkan diri sebaik mungkin
agar dapat mengerjakan soal pretest PPG dengan baik dan memperoleh nilai yang
bagus. Bagi guru yang mengikuti PPG yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan
Tenaga Kependidikan (LPTK) dan lulus akan mendapatkan sertifikat pendidik dan
berhak mendapatkan tunjangan profesi guru.
Berikut beberapa contoh soal latihan pretest PPG untuk mengikuti sertifikasi guru, khususnya bagi guru kelas SD
SOAL-SOAL PRETEST PPG MODUL 1 PEDAGOGIK
1.
Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup
manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki
sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk
guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut
merupakan pernyataan teoretik dari?
A.
Diterminisme teknologi
B.
Diterminisme ICT
C.
Diterminisme teknologi dan efek media
D.
Diterminisme sosial
2.
Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam perannya
sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri,
yang disebut sebagai?
A.
Media Berbasis TIK
B.
Media konvergensi
C.
Multimedia
D.
Media Berbasis web.
3.
Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media
di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya
merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang
menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan
dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama
mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah?
A.
Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen
dalam pembelajaran.
B.
Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena
menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media.
C.
Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan
kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
D.
Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan
peran guru dalam proses pembelajaran.
4.
Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan
teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk
memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai bagian
dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya
gelombang baru ini.
Dari
sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya
besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument
itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
A.
Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika
teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak
teknologi dan media.
B.
Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan
media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan
perkembangan baru ini.
C.
Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena
TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan
peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran.
D. Guru
sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran,
sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena teknologi dan media
tidak bisa mengganti peran guru dalam proses pembelajaran.
5.
Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan
sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
a.
Sebagai media promosi
b.
Sebagai media literasi
c.
Sebagai media komunikasi
d.
Sebagai media sumber belajar
6.
Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak
(internet)sebagai media peralatan interaktifkapanpun dan dimanapun saat
diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat
dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut....
a.
Interactive tools
b.
Interacting with others
c.
Alternative tools
d.
Situational tools
7.
Berikut situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat
dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru
dunia, kecuali ......
a.
web
b.
wiki
c.
proquest
d.
podcast
8. Ada
empat kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era
digital adalah sebagai berikut, kecuali....
a.
Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
b.
Personal Response System (PRS)
c.
Interacting with others
d.
Community of Practice (Komunitas Praktik)
9.
Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan
sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan...
a.
Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
b.
Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
c.
Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan
teknologi digital.
d.
Peningkatan penggunaan media sosial
untuk melakukan interaksi
sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh
penjuru dunia.
10.
Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili
profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi
dari standar....
a.
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
b.
Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
c.
Model Kerja dan Belajar Digital-Age
d.
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
11.
Guru dalam pembelajaran berbasisdigital menggunakan perangkat digital
handlehand. Hal ini sesuai peran guru dalam pembelajaran berbasis
teknologi digital berupa....
a.
Interactive Instruction
b.
Personal Response System (PRS)
c.
Mobile Assessment Tools
d.
Community of Practice
12.
File multimedia berbasis internet yang diformat untuk dapat diunduh langsung ke
perangkat seluler adalah pengertian dari....
a.
wiki
b.
podcast
c. web
d. html
13.
Salah satu contoh konkret penggunaan media interaktif saat pembelajaran di
kelas pada era digital adalah....
a.
Microsoftword
b.
powerpoint
c.
macroflash media
d.
Corel draw
14.
Guru secara terus-menerus meningkatkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran
seumur hidup, dan memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan
profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan
alat-alat digital dan sumber daya secara
a.
Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan
b.
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
c.
Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
d.
Model Kerja dan Belajar Digital-Age
Demikian beberapa contoh soal pretest PPG untuk Guru SD. Semoga bermanfaat. Contoh soal pretest PPG untuk guru SD lainnya dapat dilihat di sini.
Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pretest PPG Untuk Guru SD"